video
 

    Penolakan Dipicu Hoaks, Jokowi Beri Penjelasan Soal UU Ciptaker

    MetroTV - 09 Oktober 2020 19:08 WIB
    Presiden Joko Widodo menyebut unjuk rasa RUU Cipta Kerja yang berujung rusuh pada 7 dan 8 Oktober 2020 kemarin dipicu disinformasi dan hoaks. Dalam keterangannya Jokowi menyebutkan hoaks yang dimaksud di antaranya penghapusan UMP dan UMK.

    Informasi hoaks yang dimaksud, yakni penghapusan upah minimum kabupaten/kota (UMK), upah minimum provinsi (UMP), upah sektoral kabupaten/kota, serta provinsi. Jokowi menegaskan ketentuan terkait upah tersebut diakomodasi dalam UU Ciptaker.

    Jokowi juga membantah penghitungan upah berdasarkan jam kerja. Dia menegaskan tidak ada perubahan sistem penghitungan upah dari Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

    "Tidak ada perubahan dengan sistem, upah bisa dihitung berdasarkan waktu dan hasil," kata dia.

    Kepala Negara itu juga membantah UU Cipta Kerja menghapus hak cuti bagi pekerja atau buruh dan kompensasinya. Dia menegaskan aturan sapu jagat investasi itu tetap memberikan libur dan cuti kepada buruh.
     
    Dia juga membantah UU Ciptaker membuat perusahaan bisa memberhentikan pekerja secara sepihak atau pemutusan hubungan kerja (PHK). Dia menjamin, pekerja Indonesia tidak akan mudah diberhentikan dari pekerjaannya. Terakhir, Jokowi memastikan jaminan sosial dan kesejahteraan pekerja tetap ada. UU Ciptaker tidak menghapus ketentuan jaminan tersebut.

    Ia menjelaskan RUU Cipta Kerja masih memerlukan banyak PP dan Perpres yang akan diselesaikan paling lambat tiga bulan setelah diundangkan. Saat ini Jokowi menyebut masih menerima usulan dan masukan terkait RUU cipta kerja. Namun jika masih ada ketidakpuasan terhadap RUU Cipta Kerja silahkan lakukan uji materi atau judicial review melalui MK.

    (ARV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Top Program
    •   Opsi
      Opsi
    •   Kick Andy
      Kick Andy
    •   Economic Challenges
      Economic Challenges
    •   360
      360
    •   I'm Possible
      I'm Possible
    •   Eagle Documentary
      Eagle Documentary
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id