video
 

    Pesawat N250 Karya Habibie akan Dimuseumkan

    MetroTV - 21 Agustus 2020 12:13 WIB
    Setelah lebih dari dua dekade pesawat N250 Gatotkaca tidak mengudara, pada Kamis (20/8) malam karya BJ Habibie itu dibawa ke Yogyakarta melalui perjalanan darat.

    Pesawat kebanggaan RI ini akan dijadikan monumen yang mengingatkan kita bahwa Indonesia pernah berjaya melalui karya di bidang kedirgantaraan.

    Pesawat N250 merupakan mahakarya BJ Habibie yang didedikasikan untuk negara. Huruf N pada kode N250 merupakan kata Nusantara yang berarti diproduksi di Nusantara. Melalui kejeniusannya, Habibie berhasil membuktikan bahwa anak bangsa mampu memproduksi pesawat di tengah keterbatasan yang ada.

    Gatotkaca pertama kali terbang pada 1995, bertepatan dengan HUT ke-50 RI. Pesawat yang dibuat oleh Industri Pesawat Terbang Nusantara yang kini bernama PT Dirgantara Indonesia ini sempat tampil dan menjadi idola di beberapa international airshow.

    Semua negara di dunia melihat kehebatan dan kecanggihan pesawat N250 produksi Indonesia yang menggunakan teknologi canggih fly by wire.

    Sayangnya keperkasaan Gatotkaca harus terhenti saat Indonesia diterpa krisis moneter pada 1998, proyek pesawat N250 dihentikan oleh negara akibat krisis ekonomi tersebut. Sejak saat itu, pesawat Gatotkaca teronggok di salah satu hanggar kawasan PT DI di Bandung, Jawa Barat.

    (ARV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Top Program
    •   Opsi
      Opsi
    •   Kick Andy
      Kick Andy
    •   Economic Challenges
      Economic Challenges
    •   360
      360
    •   I'm Possible
      I'm Possible
    •   Eagle Documentary
      Eagle Documentary
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id