video
 

    Penerimaan CPNS Tahun Ini Ditiadakan

    Medcom - 07 Juli 2020 18:02 WIB
    Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tak bakal dilaksanakan tahun ini. Penerimaan calon abdi negara kemungkinan baru dibuka pada 2021. Namun, kondisi tersebut tetap akan melihat kebutuhan dan ketersediaan anggaran pemerintah.
     
    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi, dan Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo belum bisa memerinci kebutuhan CPNS tahun depan. Pemerintah bakal menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran. Hal serupa juga berlaku bagi sekolah kedinasan, kecuali sekolah khusus Badan Intelijen Negara.

    Menurut dia, hal ini terjadi karena proses penerimaan CPNS 2019 belum rampung dan merupakan dampak dari penularan virus korona. Presiden Joko Widodo juga sudah memerintahkan penyederhanaan birokrasi sehingga kebutuhan pegawai bisa menggunakan PNS yang sudah ada.

    "Tahun 2020 tidak ada penerimaan ujian CPNS. Kemungkinan baru dibuka CPNS pada 2021. Alokasi (kebutuhan PNS) belum bisa ditentukan. Nanti melihat kebutuhan dan ketersediaan anggaran,"  ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo

    Rangkaian penerimaan CPNS 2019 ditunda usai seleksi kompetensi dasar (SKD) pada awal 2020. Penundaan dilakukan karena pandemi korona di Indonesia pada Maret 2020.
     
    Seleksi CPNS 2019 rencananya dilanjutkan kembali pada Agustus 2020 dengan agenda seleksi kompetensi bidang (SKB). Namun rangkaian seleksi itu harus memperoleh persetujuan dari Gugus Tugas COVID-19 terlebih dahulu. Antara Foto/MI


    (ARV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Top Program
    •   Opsi
      Opsi
    •   Kick Andy
      Kick Andy
    •   Economic Challenges
      Economic Challenges
    •   360
      360
    •   I'm Possible
      I'm Possible
    •   Eagle Documentary
      Eagle Documentary
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id