video
 

    COVID-19 Diprediksi Jadi Endemik, Apa Bedanya dengan Pandemi?

    arvi.ristiani - 01 Maret 2021 18:37 WIB
    Menurut WHO, pandemi COVID-19 dapat tetap ada selama bertahun-tahun ke depan dan menjadi endemik. Pakar penyakit menular terkemuka Amerika Serikat (AS) Dr. Anthony Fauci mengatakan, bahwa virus korona sepertinya tidak akan hilang dalam waktu dekat meski jumlah kasus infeksi baru terus menurun dan semakin banyak orang yang mendapatkan vaksin COVID-19, termasuk di AS.

    Lalu, apa maksud dari pandemi akan menjadi endemik? Dan bagaimana pengaruhnya di kehidupan masyarakat? 

    Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mendefinisikan endemik sebagai keberadaan konstan atau prevalensi biasa dari suatu penyakit dalam suatu populasi di wilayah geografis tertentu. Penyakit endemik menyebar pada tingkat dasar setiap tahun tanpa menyebabkan gangguan besar pada kehidupan masyarakat, kata Dr. Donald Burke, profesor epidemiologi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pittsburgh.

    Dr. Pritish Tosh, seorang dokter dan peneliti penyakit menular di Mayo Clinic mengatakan, suatu penyakit dapat menjadi endemik di satu negara tetapi dapat dianggap sebagai wabah atau epidemik di negara lain. Misalnya, malaria dianggap endemik di beberapa bagian dunia di mana parasitnya dibawa oleh nyamuk.

    Lalu, apa perbedaan pandemik dengan endemik?

    Dan bagaimana pengaruhnya di kehidupan masyarakat ?

    Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mendefinisikan endemik sebagai keberadaan konstan dan/atau prevalensi biasa dari suatu penyakit dalam suatu populasi di wilayah geografis tertentu. Penyakit endemik menyebar pada tingkat dasar setiap tahun tanpa menyebabkan gangguan besar pada kehidupan masyarakat, kata Dr. Donald Burke, profesor epidemiologi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pittsburgh.

    Lalu apa perbedaannya dengan pandemi?

    Perbedaan pandemi dan endemik tidak diukur dari keparahan penyakitnya, namun sejauh mana penyebarannya.  Dengan kata lain pandemi hanyalah epidemi yang lebih besar dan lebih luas


    (ARV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Top Program
    •   Opsi
      Opsi
    •   Kick Andy
      Kick Andy
    •   Economic Challenges
      Economic Challenges
    •   360
      360
    •   I'm Possible
      I'm Possible
    •   Eagle Documentary
      Eagle Documentary
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id