video
 

    Jokowi Bangga Tunjukkan Produk Dalam Negeri untuk Penanganan COVID-19

    Medcom - 21 Mei 2020 14:12 WIB
    Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan 55 produk konsorsium hasil riset dan inovasi anak bangsa. Produk-produk tersebut untuk mempercepat penanganan covid-19 di Indonesia. Jokowi telah bangga atas produk dalam negeri yang berhasil diproduksi.
     
    Ada sembilan produk unggulan yang telah melalui uji klinis dan siap diproduksi secara massal. Melalui video yang diunggah Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi memperlihatkan sejumlah produk riset yang dipresentasikan di Istana Merdeka, Jakarta.
     
    "Ini ventilator buatan dalam negeri yang sudah diproduksi. Ini bisa diproduksi kurang lebih 200 (unit). Kemudian ini yang kedua, ini juga sama (ventilator), sudah bisa diproduksi sampai 200 (unit) juga," ujar Jokowi dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis, 21 Mei 2020.

    Presiden memperlihatkan sebanyak tiga ventilator dalam video tersebut. Dua ventilator dikembangkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerja sama dengan PT Len Industri dan PT Dharma Polimetal dan sudah siap diproduksi.
     
    Satu ventilator lainnya merupakan hasil pengembangan dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Ventilator tersebut telah melalui uji klinis dan siap diproduksi sebanyak 1.000 unit.

    Ada pula alat uji real time polymerase chain reaction (RT-PCR) yang sudah dapat diproduksi sebanyak 100 ribu unit. Alat itu dikembangkan perusahaan obat, PT Bio Farma.
     
    Produk lainnya yakni alat uji cepat yang merupakan pengembangan dari PT Hepatika Mataram, BPPT, Universitas Airlangga, serta Universitas Gadjah Mada. Alat uji ini akan diproduksi sebanyak 1.000 unit.

    Jokowi juga mengajak kerja sama antar-komponen untuk berinovasi mengembangkan produk dalam negeri, khususnya untuk penanganan Corona. Jokowi menyerukan untuk bangga akan buatan dalam negeri.
    Youtube: Sekretariat Presiden

    (ARV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Top Program
    •   Opsi
      Opsi
    •   Kick Andy
      Kick Andy
    •   Economic Challenges
      Economic Challenges
    •   360
      360
    •   I'm Possible
      I'm Possible
    •   Eagle Documentary
      Eagle Documentary
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id