video
 

    Gelar Rapid - Swab Gratis Untuk Masyarakat, BIN Dipuji DPR

    Medcom - 19 September 2020 16:33 WIB
    Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar rapid test antigen dan swab test dengan metode molekuler atau PCR (Polymerase Chain Reaction) bertempat di Wisma Perdamaian, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (18/9/2020).

    Dalam kegiatan ini, BIN mentargetkan masyarakat Semarang untuk mengikuti test COVID-19 ini. BIN juga membantu pasien-pasien yang tengah di tangani Puskesmas di Semarang untuk mempercepat proses tes COVID-19. Adapun kegiatan ini merupakan arahan langsung dari Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan dalam upaya membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

    Rapid test antigen adalah tes diagnostik cepat COVID-19 yang dilakukan untuk mendeteksi keberadaan antigen virus COVID-19 pada sampel yang berasal dari saluran pernapasan. Antigen akan terdeteksi ketika virus aktif bereplikasi. BIN juga menyiapkan 1 unit mobile Laboraturium PCR test untuk menguji sampel swab test masyarakat apabila hasilnya reaktif dari rapid test antigen.

    Mobile Lab PCR test milik BIN telah memenuhi standar kesehatan dimana peralatan canggih tersedia dalam mobile LAB tersebut seperti Bio Safety Cabinet (BSC), thermo scientific TSC series (freezer) thermomixer, rotor-Gene Q, centrifigue 5424 R, micropipet, dan wastafel pencuci tangan. Hasil uji sampel PCR test ini bisa diketahui dalam waktu 5-7 jam.

    Ketua Komisi l DPR RI, Meutya Viada Hafid menyampaikan apresiasi atas kinerja BIN dalam melaksanakan fungsi tugasnya. Salah satunya membantu pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Meutya bersama rombongan Komisi l DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Semarang dengan melakukan rapat bersama BIN. 

    Dalam kesempatan itu, Ia juga mendukung upaya BIN Untuk melakukan inovasi-inovasi dalam penanggulangan COVID-19, salah satunya pembuatan obat COVID-19. Meutya juga mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

    BIN berharap lewat rapid test antigen dan swab test ini dapat membantu Pemda Jawa Tengah khususnya di Semarang dalam upaya memitigasi penyebaran COVID-19. BIN sebelumnya telah menggelar rangkaian rapid test dan swab test sejak COVID-19 melanda tanah air atau tepat di bulan April 2020. Sejauh ini, BIN sudah melaksanakan kegiatan tersebut di Jabodetabek, Bandung, Banten dan Surabaya.


    (ARV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Top Program
    •   Opsi
      Opsi
    •   Kick Andy
      Kick Andy
    •   Economic Challenges
      Economic Challenges
    •   360
      360
    •   I'm Possible
      I'm Possible
    •   Eagle Documentary
      Eagle Documentary
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id