Kembali ke PSBB Awal, Anies Atur Waktu Operasional Transportasi Umum

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya akan kembali membatasi kapasitas penumpang dan jam operasional transportasi umum di wilayah Jakarta. Pembatasan tranportasi dilakukan untuk mengurangi pergerakan masyarakat di wilayah Ibu Kota di tengah penerapan PSBB seperti awal pandemi Covid-19 

"Untuk transportasi umum akan kembali kita batasi secara ketat jumlah dan jamnya," ujar Anies dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal Youtube Pemprov DKI, Rabu (9/9/2020)

Sistem ganjil genap (gage) juga ditiadakan pekan depan. Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada awal pandemi kembali diberlakukan pada Senin, 14 September 2020. Meski ditiadakan, bukan berarti pengendara mobil pribadi bisa bebas bepergian. Anies menyarankan warga Jakarta tak keluar rumah kecuali kebutuhan mendesak.


"Ini lebih darurat daripada awal wabah dahulu, jadi jangan keluar rumah kalau tak terpaksa," kata dia.
 
Selain itu, jalur keluar masuk Jakarta juga dibatasi. Pemerintah Provinsi DKI akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah penyangga Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Anies juga akan mengatur kembali waktu operasional transportasi umum.
 
"Besok kita akan koordinasi terkait pelaksanaan fase yang diperketat pada hari-hari ke depan," ucap Anies. YouTube: Pemprov DKI Jakarta