video
 

    Dinkes DKI Izinkan Pasien OTG COVID-19 Isolasi Mandiri di Rumah, Ini Syaratnya

    Medcom - 25 September 2020 13:12 WIB
    Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, membuka ruang untuk pasien positif COVID-19 melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun harus memenuhi sejumlah persyaratan, yang salah satunya adalah berkoordinasi dengan Puskesmas setempat, agar pasien COVID-19 bisa melakukan isolasi mandiri.

    Hal ini disampaikan Widyastuti dalam Youtube BNPB Indonesia, Kamis 24 September 2020 kemarin. Ia menyatakan pihak Puskesmas dan tim Gugus Tugas COVID-19 tingkat RW akan melakukan pengawasan bila pasien melakukan isolasi mandiri.

    "Tentunya pada saat untuk memutuskan apakah seseorang pasien atau warga kita bisa isolasi di rumah atau tidak, itu memang kita sudah mengimbau mengharuskan pasien ini untuk berkoordinasi dengan puskesmas setempat," kata Widyastuti, dalam dialog 'Prosedur Isolasi OTG COVID-19 Mudah atau Sulit' di akun Youtube BNPB, Kamis (24/9/2020).

    Widyastuti menegaskan kondisi rumah harus memadai, mulai dari ventilasi hingga pencahayaan yang cukup. Pasien OTG juga diwajibkan memakai peralatan makan dan mandi sendiri. Serta selalu memakai masker di dalam rumah. P asien itu juga harus diberikan bantuan pendampingan tim kesehatan dan gugus RW. Tidak selalu hadir ke rumah, melainkan bisa dengan konsultasi.

    "Jadi dengan bantuan dari pendampingan dari tim puskesmas untuk isolasi mandiri, bantuan ini bukan selalu hadir di rumah tersebut tetapi konsultasi yang disiapkan oleh teman-teman puskesmas, dan juga dukungan dari gugus RW setempat untuk menjaga warganya bisa melakukan isolasi mandiri dengan sukses," tutur Widyastuti. MI/Youtube: BNPB Indonesia.

    (ARV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Top Program
    •   Opsi
      Opsi
    •   Kick Andy
      Kick Andy
    •   Economic Challenges
      Economic Challenges
    •   360
      360
    •   I'm Possible
      I'm Possible
    •   Eagle Documentary
      Eagle Documentary
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id