video
 

    Ini Bahaya Mengkonsumsi Ikan yang Mengandung Mikroplastik

    Medcom - 12 November 2019 22:23 WIB
    Selain enak, mengonsumsi ikan juga bergizi untuk kita. Omega 3 didalam ikan bisa membuat anak - anak tumbuh sehat dan pintar. Namun hal itu tidak untuk ikan yang mengandung plastik.

    Bebebarap lautan di dunia memang tercemar oleh limbah plastik. Seorang peneliti mencoba meneliti ikan yang jual di salah pasar di Indonesia. Mereka mengambil sampel 76 ikan diantaranya ikan kembung, kakap merah dan jenis lainnya. Hasilnya, 21 dari 76 ikan mengandung limbah plastik. Mikroplastik di tubuh ikan itu rata - rata berukuran 3,5 mm berkisar dari 0,1 - 4,5 mm tergantung bentuk. Mikroplastik itu berasal dari pecahan plastik, gabus plastik, plastik film dan tali pancing.

    Di California, peneliti juga mengambil sampel 65 ekor ikan. Hasilnya 25% ikan di negara maju itu juga mengandung Mikroplastik. Namun dampak mikroplastik untuk kesehatan masih belum jelas.

    Ahli Gizi dari Persagi mengatakan, 90% mikroplastik yang ditelan manusia akan masuk melalui saluran cerna yang pada akhirnya dibuang melalui faces. Namun, apabila mikroba patogen ikut serta di dalam mikroplasktik, akan sangat mungkin partikel masuk ke peredaran darah. Hal ini yang bisa menginfeksi tubuh yang kemudian memberikan beberapa efek. Mulai dari efek keracunan, kerusakan jaringan, hingga kematian.

    Untuk mencegah hal itu terjadi, tidak ada salahnya jika kita mengurangi penggunaan plastik. Dimulai dari batasi penggunaan kemasan makanan dari plastik atau mengganti kantong belanja dengan tas kain. Hal kecil ini tentu bermanfaat besar bagi lingkungan. Sumber Foto ( Freepik.com )

    (ARV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Top Program
    •   Opsi
      Opsi
    •   Kick Andy
      Kick Andy
    •   Economic Challenges
      Economic Challenges
    •   360
      360
    •   I'm Possible
      I'm Possible
    •   Eagle Documentary
      Eagle Documentary
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id