video
 

    Mengenal Noken Papua yang Jadi Google Doodle Hari Ini

    Medcom - 04 Desember 2020 16:07 WIB
    Laman mesin pencarian Google menjadikan noken Papua sebagai doodle, Jumat (4/12/2020). Google Doodle mengangkat tema merayakan Warisan Budaya Noken Papua .

    Noken Papua adalah tas tradisional masyarakat Papua yang dibawa dengan menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu. Masyarakat Papua biasanya menggunakannya untuk membawa hasil-hasil pertanian seperti sayuran, umbi-umbian dan juga untuk membawa barang-barang dagangan ke pasar. Noken punya daya tahan yang kuat sehingga diandalkan masyakat untuk berbagai kebutuhan,

    Karena keunikannya yang dibawa dengan kepala, noken ini di daftarkan ke UNESCO sebagai salah satu hasil karya tradisional dan warisan kebudayaan dunia. Pada 4 Desember 2012, noken khas masyarakat Papua ditetapkan sebagai warisan kebudayaan tak benda UNESCO.

    Filosofi Noken, bagi orang Papua, noken bukan lah sekadar tas untuk membantu mereka membawa barang. Tas tradisional Noken memiliki simbol kehidupan yang baik, perdamaian, dan kesuburan bagi masyarakat di tanah Papua. 

    Yang menarik dari noken ini adalah hanya orang Papua saja yang boleh membuat noken. Para wanita di Papua sejak kecil sudah harus belajar untuk membuat noken. noken seperti rahim seorang ibu. Noken juga menyimpan makna menjaga kelestarian dan keseimbangan alam. Hal ini bisa dilihat dari bahan dan proses pembuatan yang dilakukan, semua bersahabat dengan lingkungan.

    Google juga meyebutkan Noken sebagai perlambangan penyatuan budaya dari berbagai etnis di kawasan Papua Barat. Noken bisa mebjadi benda simbolis dalam penyelesaian masalah dan memiliki nilai ekonomi. MI

    (ARV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Top Program
    •   Opsi
      Opsi
    •   Kick Andy
      Kick Andy
    •   Economic Challenges
      Economic Challenges
    •   360
      360
    •   I'm Possible
      I'm Possible
    •   Eagle Documentary
      Eagle Documentary
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id