video
 

    Tips Sukses Wawancara Kerja

    Medcom - 31 Maret 2021 17:33 WIB
    Wawancara adalah suatu keharusan untuk pertumbuhan karir jangka panjang. Bagi kebanyakan orang, wawancara kerja merupakan pengalaman yang menegangkan, terutama untuk para pemula. Rasa gugup dan takut pasti menjadi faktor utama yang membuat kita merasa tertekan sebelum dan selagi wawancara. Untuk anda yang tengah mempersiapkan diri menghadapi interview, berikut tips sukses wawancara kerja :
    1. Percaya Diri
    Percaya diri merupakan tips paling penting. Individual yang percaya diri memiliki aura bersinar dan cenderung lebih terlihat mampu melakukan tugas-tugas yang diberikan oleh perusahaan. Inilah salah satu karakter terpenting yang dibutuhkan saat bekerja, dan tentunya menjadi nilai poin terbesar bagi para HRD saat wawancara.
    1. Lakukan Riset Seputar Perusahaan, HRD dan Lowongan Kerja
    Kunci kesuksesan interview kerja terletak pada sejauh mana pengetahuan Anda. Setidaknya anda harus memiliki informasi mengenai perusahaan, kualifikasi pekerjaan, dan latar belakang HRD yang akan mewawancarai anda. Semakin dalam riset yang anda lakukan, semakin anda memahami perusahaan sehingga anda dapat menjawab pertanyaan wawancara kerja dengan baik.
    1. Kenakan Pakaian yang Sesuai
    Siapkanlah pakaian yang tepat untuk wawancara kerja. Usahakan untuk bisa tampil profesional. Pastikan juga pakaian yang dikenakan dalam keadaan bersih dan rapi, serta telah disetrika terlebih dahulu. Minimalisasikan penggunaan aksesoris dan perhiasan. Usahakan untuk tidak merokok ataupun makan tepat sesaat sebelum interview dimulai. Jika perlu, gosoklah gigi anda dan gunakan obat kumur.
    1. Datang Tepat Waktu
    Usahakan untuk datang 15 menit lebih awal dari jadwal interview untuk berjaga-jaga bila Anda harus mengisi formulir tambahan sebelum wawancara kerja. Ini juga memberi anda cukup waktu untuk bersiap-siap dan rileks sebelum interview dimulai. Anda juga bisa mengobservasi situasi di tempat kerja jika anda datang lebih cepat. Sehari sebelum interview kerja, siapkan CV cadangan anda. Jika anda memiliki portfolio atau contoh hasil kerja anda, jangan lupa untuk membawa dokumen tersebut.
    1. Promosikan Diri Anda Sebaik Mungkin
    Kandidat dengan kualifikasi paling tinggi belum tentu akan dipilih oleh HRD. Umumnya, kandidat yang keluar sebagai pemenang adalah mereka yang mampu memberikan respon yang baik saat interview kerja. Mereka yang mampu ‘menjual’ dirinya dengan baik, menunjukkan bahwa dirinya adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut adalah kandidat yang umumnya sukses saat interview kerja.
    1. Berikan Jawaban yang Otentik, Fokus, Meyakinkan, Singkat dan Jelas
    Saat interview dimulai, poin terpenting adalah kualitas dan cara penyampaian anda dalam merespon pertanyaan dari HRD. Goal Anda adalah memberikan jawaban yang otentik dan jujur terhadap pertanyaan yang diberikan oleh HRD. Di saat yang bersamaan, anda juga menginginkan untuk lanjut ke tahap selanjutnya. Jadi, berikan jawaban yang berfokus pada kemampuan, pengalaman bekerja dan kualifikasi anda

    (ARV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Top Program
    •   Opsi
      Opsi
    •   Kick Andy
      Kick Andy
    •   Economic Challenges
      Economic Challenges
    •   360
      360
    •   I'm Possible
      I'm Possible
    •   Eagle Documentary
      Eagle Documentary
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id