video
 

    Amerika Serikat Ajukan Pengunduran Diri dari WHO

    Medcom - 09 Juli 2020 09:45 WIB
    Pemerintahan Trump secara resmi telah mengirim surat ke PBB bahwa Amerika Serikat (AS) mengajukan diri untuk keluar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Keputusan Trump yang memulai proses ini memicu kritik dari Partai Demokrat dan juga Republik, asosiasi medis, organisasi hukum, dan juga sejumlah negara sahabat. Senator Robert Menendez, politikus Demokrat dari Komite Hubungan Luar Negeri AS di Senat, mengumumkan langkah Trump via Twitter.

    Jubir Guterres, Stephane Dujarric, juga mengaku sudah menerima notitifikasi dari AS. "Saat ini kami sedang memverifikasi apakah semua syarat-syarat untuk mundur sudah terpenuhi," tutur Dujarric. Beberapa syarat tersebut di antaranya pemberitahuan mundur satu tahun sebelum pelaksanaan, dan pemenuhan kewajiban finansial terhadap WHO.

    AS disebut sudah memberi tahu PBB dan Kongres mengenai rencana itu, yang prosesnya membutuhkan waktu setidaknya satu tahun. Langkah itu dilakukan setelah sebelumnya, Washington membekukan kontribusia sebesar 400 juta dollar AS, sekitar Rp 5,7 triliun. Juru bicara Guterres, Stephane Dujarric, mengonfirmasi adanya nota itu, dengan pengunduran diri AS efektif per 6 Juli 2021 mendatang. 

    Dr David Nabarro, utusan khusus Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk urusan virus korona (covid-19), menyayangkan keputusan Presiden Donald Trump yang menarik Amerika Serikat dari keanggotaan WHO. Ia menilai langkah tersebut sebagai sesuatu yang sangat menyedihkan. 

    "Dunia ini sedang menghadapi krisis kesehatan masif. Situasinya sangat buruk dalam enam bulan terakhir, dan saya khawatir akan semakin memburuk dalam enam bulan ke depan," kata Nabarro. APTN/AFP Foto.


    (ARV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Top Program
    •   Opsi
      Opsi
    •   Kick Andy
      Kick Andy
    •   Economic Challenges
      Economic Challenges
    •   360
      360
    •   I'm Possible
      I'm Possible
    •   Eagle Documentary
      Eagle Documentary
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id