video
 

    Gelombang Protes di AS atas Kematian George Floyd

    Medcom - 30 Mei 2020 12:32 WIB
    Kematian George Floyd memicu gelombang protes karena kebrutalan polisi ke kelompok minoritas di Amerika Serikat. 

    Di Minneapolis, demonstrasi berakhir ricuh. Polisi tembakan gas air mata ke pendemo. Penjarahan gedung dan kebakaran tak terhindarkan. Di Atlanta, demonstran membakar mobil polisi dan memukul petugas dengan botol. Ratusan orang juga berkumpul di Gedung Putih. Mereka suarakan "Tak ada keadilan, tak ada kedamaian" serta "aku tidak bisa bernapas". Aksi protes juga terjadi di Silicon Valley. Demonstran memblokade jalan tol. Sementara di New York, 40 orang ditangkap polisi karena demonstrasi menjadi ricuh.

    Presiden AS Donald Trump menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Floyd dan meminta penyelidikan kematian Floyd dipercepat. "Saya ingin menyampaikan belasungkawa terdalam dan simpati yang paling tulus kepada keluarga George Floyd. Peristiwa mengerikan, mengerikan, mengerikan, hal mengerikan yang terjadi. Saya telah meminta pengadilan mempercepat penyelidikan atas kematiannya (George Floyd) dan melakukannya secepat mungkin. Ini situasi lokal, tapi kami membuatnya menjadi situasi federal. Dan itu hal yang mengerikan," ujar Trump.

    George Floyd bekerja sebagai petugas keamanan di sebuah restoran di Minneapolis. Kala itu ia didekati polisi yang mendapat laporan penipuan. Lalu beredar video berdurasi 10 menit yang memperlihatkan Floyd mengerang berulang kali mengatakan "saya tak bisa bernapas" karena lehernya ditindih dengan lutut oleh polisi. Tapi polisi tak menggubris, hingga Floyd dibawa ke RS dan meninggal dunia di sana.

    Kematian Floyd ini menyoroti statistik yang mengerikan terkait pembunuhan oleh polisi di Amerika. Lebih dari 1.000 orang mati ditembak polisi di Amerika pada 2019 lalu. APTN.

    (ARV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Top Program
    •   Opsi
      Opsi
    •   Kick Andy
      Kick Andy
    •   Economic Challenges
      Economic Challenges
    •   360
      360
    •   I'm Possible
      I'm Possible
    •   Eagle Documentary
      Eagle Documentary
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id