video
 

    Lima Sektor ini Akan Sesuaikan Tarif

    Medcom - 06 Oktober 2019 16:54 WIB
    Menjelang pergantian tahun, terdapat beberapa tarif yang akan disesuaikan oleh pemerintah. Penyesuaian tarif ini dapat berupa kenaikan di beberapa sektor. Berikut lima sektor yang akan mengalami penyesuaian tarif:

    1. Tarif Tol
    Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku akan sosialisasi penyesuaian tarif tol setelah tanggal 20 Oktober 2019. Namun, Basuki tak ingin sosialisasi tarif tol ini menjadi polemik, lantaran kenaikan tarif ruas tol masih lama direalisasikan.

    2. Tarif Parkir di Jakarta
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak ingin kenaikan tarif parkir ditunda. Sebelumnya, sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2017, tarif parkir untuk mobil minimal Rp 3 ribu/jam dan maksimal Rp 12 ribu/jam, sedangkan untuk motor minimal Rp 2 ribu/jam dan maksimal Rp 6 ribu/jam.

    Rincian kenaikan tarif parkir masih belum ditentukan oleh Pemprov DKI. Lokasi parkir yang tarifnya akan mengalami kenaikan adalah yang dikelola Dishub DKI. Sedangkan untuk lokasi parkir yang dikelola swasta akan dibahas lebih lanjut.

    3. Tarif Listrik
    Pemerintah akan menghapus subsidi untuk golongan 900 VA rumah tangga mampu. Pencabutan subsidi ini dilakukan agar lebih tepat sasaran. Namun, tarif listrik belum tentu naik, tergatung pada dolar, ICP, dan inflasi.

    Pemerintah belum mengambil keputusan mengenai penerapan skema tarif listrik atas penurunan subsidi listrik. Sebab masih menunggu penetapan Undang-Undang APBN 2020.

    4. Harga Rokok
    Hal ini dipengaruhi dengan kenaikan cukai rokok yang sudah diteken oleh Presiden Jokowi. Kenaikan cukai ini kisaran 23% dan 35% dari harga jual dan berlaku pada 2020 mendatang. Nantinya ada Peraturan Menteri Keuangan yang akan mengatur kenaikan tersebut.

    5. Iuran BPJS
    Kenaikan iuran ini terjadi untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari Rp 23.000 menjadi Rp 42.000 per jiwa. Untuk peserta mandiri kategori kelas 3 menjadi Rp 42.000 dari sebelumnya Rp 25.500 per jiwa. Kelas 2 menjadi Rp 110.000 dari sebelumnya Rp 51.000 per jiwa dan kelas 1 naik menjadi Rp 160.000 per jiwa dari sebelumnya Rp 80.000 per jiwa.

    Antara: Yulius Satria Wijaya, Mohammad Ayudha, Aji Styawan, Novrian Arbi, Galih Pradipta, Nova Wahyudi, Ari Bowo Sucipto, Muhammad Adimaja, Adeng Bustomi, Irwansyah Putra/ MI: Bary Fathahilah, Pius Erlangga, Panca Syurkani, Angga Yuniar

    (ARV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Top Program
    •   Opsi
      Opsi
    •   Kick Andy
      Kick Andy
    •   Economic Challenges
      Economic Challenges
    •   360
      360
    •   I'm Possible
      I'm Possible
    •   Eagle Documentary
      Eagle Documentary
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id