video
 

    Syarat Penukaran Uang Baru Rp75 Ribu Lewat Bank

    Medcom - 01 Oktober 2020 17:30 WIB
    Bank Indonesia (BI) memperluas akses penukaran uang baru Rp75 ribu mulai 1 Oktober 2020. Dari yang sebelumnya hanya melibatkan lima bank, kini semua bank bisa menjadi agen penghimpun/koordinator pooling pendaftar penukaran uang khusus Rp75 ribu melalui skema penukaran kolektif. 

    Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko mengatakan dengan skema ini masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang khusus Rp75 ribu hanya perlu mendaftar pada bank umum terdekat di wilayah masing-masing dan mengambil uang tersebut pada bank tempat mendaftar. Namun, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan penukaran uang.
     
    Berdasarkan infografis mekanisme penukaran kolektif melalui bank, masyarakat yang ingin memiliki uang baru Rp75 ribu terlebih dahulu harus menyiapkan data diri berupa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan uang Rp75 ribu.
     
    Kemudian datang ke bank terdekat, sampaikan maksud dan tujuannya. Di bank, masyarakat lalu menyerahkan KTP dan uang Rp75 ribu untuk ditukar menjadi Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 RI). Setelah itu, masyarakat akan mendapatkan informasi tanggal penukaran uang baru Rp75 ribu di bank tersebut. Tanggal itu merupakan jadwal bagi masyarakat untuk kembali ke bank dan mendapatkan uang penukaran Rp75 ribu.
     
    Bank yang menerima, mengkoordinir penukaran kolektif masyarakat untuk selanjutnya mengajukan permohonan penukaran kepada kantor Bank Indonesia melalui surel person in charge (PIC) kantor BI terdekat. Setelah itu, masyarakat akan mendapatkan informasi tanggal penukaran uang baru Rp75 ribu di bank tersebut. Tanggal itu merupakan jadwal bagi masyarakat untuk kembali ke bank dan mendapatkan uang penukaran Rp75 ribu.
     
    Bank yang menerima, mengkoordinir penukaran kolektif masyarakat untuk selanjutnya mengajukan permohonan penukaran kepada kantor Bank Indonesia melalui surel person in charge (PIC) kantor BI terdekat. MI/Medcom/Desi A


    (ARV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Top Program
    •   Opsi
      Opsi
    •   Kick Andy
      Kick Andy
    •   Economic Challenges
      Economic Challenges
    •   360
      360
    •   I'm Possible
      I'm Possible
    •   Eagle Documentary
      Eagle Documentary
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id