comscore
video

Cara Mengatasi Jerawat

Sandra Odilifia - 31 Mei 2021 19:48 WIB

Jakarta: Permasalahan jerawat memang menyebalkan. Rasanya kesal bila hal yang satu ini 'kebal' di wajah walau sudah dilakukan berbagai hal. Sepertinya 'jerawat' pantang menyerah, sayangnya ini jerawat bukan 'semangat' ya. 

Nah, dilansir dari berbagai sumber, jerawat atau yang dalam bahasa medis disebut acne vulgaris ini adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. 

Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Menurut dr. Indah Puspitha S, dari ZAP Clinic Depok ada cara untuk mengatasi jerawat, yaitu:

1. Pembersihan wajah yang tepat

Membersihkan wajah yang tepat adalah salah satu kunci mengatasi jerawat. Tujuannya adalah untuk membersihkan kotoran dari wajah dan juga mencegah timbulnya jerawat.

Jangan terpengaruh pada saran teman, karena belum tentu yang mahal cocok di kulit wajah kamu. Jadi, jika sudah cocok dengan satu brand pembersih wajah, sebaiknya hindari menganti-gantinya ya.

2. Gunakan produk kosmetik non-komedonal

Produk treatment wajah sangat banyak di luaran. Pastinya kamu mengenal SPF, AHA, pH dan lainnya. Nah, untuk produk kosmetik non-komedonal artinya produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori ya. Dilansir dari Beuty Journal, disebutkan bahwa ada skala untuk mengetahui apakah produk tersebut dapat menyumbat pori-pori atau tidak.

Seperti salah satunya dengan menggunakan comedogenic scale, yaitu:

0: tidak akan menyumbat pori-pori sama sekali
1: kemungkinan sangat rendah menyumbat pori-pori
2: kemungkinan cukup rendah menyumbat pori-pori
3: kemungkinan sedang menyumbat pori-pori
4: kemungkinan cukup tinggi menyumbat pori-pori
5: kemungkinan tinggi menyumbat pori-pori

Untuk mengetahui nilai comedogenic dari beberapa jenis ingredients, kamu bisa melihatnya di situs Skinreference.com ini.

3. Gaya hidup yang sehat

Gaya hidup sehat salah satunya rutin mencuci wajah perbanyak makan sayur dan buah. Ini karena asupan sehat ini dapat menekan timbunan dan produksi minyak di kulit sehingga meminimalisir timbulnya jerawat. 

Tidak lupa juga asupan hidrasi atau air putih agar kulit semakin lembap. Terakhir manage stres agar jerawat tak muncul.

4. Konsultasi dengan dokter 

Bila berbagai hal ini juga tak mampu membendung jerawat yang 'nakal' ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter. Di ZAP Clinic salah satunya ZAP Clinic Depok juga terdapat ZAP Photo Facial. 

Kegunaan dari ZAP Photo Facial adalah mengurangi jerawat dan bekas jerawat, mencerahkan kulit wajah, meratakan warna kulit, mengurangi hiperpigmentasi epidermal, mengecilkan pori-pori pada wajah, mengurangi kerutan halus, dan menstimulasi regenerasi kolagen.

Dengan empat tahapannya yaitu berkonsultasi dengan dokter, pembersihan wajah, menutup mata untuk mendapatkan laser toning atau Alma Beauty Rejuve, kemudian pemberian Oxy Infusion, di mana kulit wajah akan diaplikasikan serum dengan menggunakan oksigen bertekanan tinggi secara optimal. Kemudian dilakukan pemberian ZAP after care dan SPF.

Kelebihan dari treatment ini adalah modern serta menggunakan teknologi terbaik dunia, tidak sakit dan tidak ada downtime, dan tidak menyebabkan ketergantungan. Enaknya lagi, setelah treatment ini kamu dapat langsung mengenakan kosmetik kembali dan melanjutkan aktivitas lho! Jadi, kamu bisa tampil PD lagi dan bisa hempaskan di jerawat nakal.



(TIN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Komentar

LOADING
Top Program Metro TV
  •  
    Primetime News
  •  
    Hot Room
  •  
    Kick Andy
  •  
    Economic Challenges
  •  
    The Legend
  •  
    Kontroversi
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id