Hari-hari Enzo Menuju Perwira TNI

    M Rodhi Aulia - 16 Agustus 2019 06:00 WIB
    Hari-hari Enzo Menuju Perwira TNI
    WNI keturunan Prancis, Enzo Zens Allie, menjadi taruna Akademi Militer. Foto: Tangkapan layar video Puspen TNI.
    KEPALA Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa mempertahankan Enzo Zenz Allie sebagai Calon Prajurit Taruna (Capratar) di Akademi Militer (Akmil). Enzo kini tengah mengikuti pelatihan dasar militer integratif selama tiga bulan ke depan.

    Dari informasi yang kami himpun, Enzo sebagai calon taruna AD mengikuti pelatihan ini bersama dengan tiga calon prajurit taruna angkatan lainnya: angkatan udara, angkatan laut dan kepolisian.

    Sejak awal Agustus hingga Oktober, para Capratar dari tiga matra TNI dan kepolisian digembleng di Akmil, Magelang, Jawa Tengah. Dalam tiga bulan kegiatan Chandradimuka ini, mereka benar-benar digodok intensif dari sipil menjadi militer.

    Sifat dan mental sipil mereka 'dihilangkan'. Dalam benak mereka, ditanamkan doktrin kemiliteran, dasar-dasar keprajuritan, fisik, mental dan pengetahuan.


    Hari-hari Enzo Menuju Perwira TNI
    Prajurit siswa Sekolah Pertama Tamtama TNI AU meneriakkan yel-yel di Skuadron Pendidikan (Skadik) 404, Pangkalan Udara TNI AU Adi Soemarmo, Surakarta, Jateng. (ANTARA/Andika Betha).


    Kemudian pada awal November 2019, Akmil akan menyelenggarakan upacara Wisuda Prajurit (Wisudajurit). Upacara ini menandakan akhir masa pelatihan dasar integratif.

    Di sinilah Enzo dan ratusan Capratar lainnya, resmi menjadi taruna. Embel-embel calon, hilang. Tiap-tiap matra kembali ke akademi masing-masing.

    Para taruna Angkatan Laut akan meninggalkan Magelang menuju Surabaya, Jawa Timur. Angkatan Udara menuju Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan taruna kepolisian ke Semarang, Jawa Tengah.

    Sementara Enzo dan taruna AD lainnya, tetap berada di Magelang. Mereka akan berpangkat Prajurit Taruna (Pratar).

    Selama tiga bulan sejak Wisudajurit, para Pratar ini akan menjalani pendidikan lanjutan. Sekitar akhir Januari atau awal Februari 2020, mereka akan menjadi Kopral Taruna (Koptar). Namun untuk bisa menjadi Koptar, para Pratar ini harus bisa menyelesaikan latihan survival.

    Enzo dan Koptar lainnya kembali menjalani pendidikan hingga Juli 2020. Dalam masa-masa sebagai Koptar, mereka akan menghabiskan 70 persen pelatihan di lapangan dan 30 persen teori di ruang-ruang kelas.

    Jika berjalan mulus, Enzo dan lainnya masuk ke tingkat II atau tahun kedua dengan pangkat Sersan Taruna (Sertar). Mereka mulai dilatih membina adik angkatan.

    Mereka menjalani hari-hari sebagai Sertar selama setahun. Juli 2021 mereka akan naik pangkat menjadi Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar).

    Proses sebagai Sermadatar juga berlangsung setahun. Hingga pada Juli 2022, mereka akan berpangkat Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar).


    Hari-hari Enzo Menuju Perwira TNI
    Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa (kedua kanan) memberikan keterangan terkait polemik taruna Akademi Militer (Akmil) Enzo Zenz Allie di Mabes TNI Angkatan Darat, Jakarta, Selasa (13/08/2019). (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay).


    Menurut Andika, tidak semua anak yang dinyatakan lolos masuk Akmil dapat selesai selama empat tahun. Dari Capratar sampai ke tahap Sermatutar dan lulus Akmil sebagai perwira muda berpangkat Letnan Dua (Letda).

    Pasalnya ada saja yang berguguran di tengah jalan alias terkena seleksi alam. Bisa jadi karena faktor kesehatan, mental, jasmani, dan ideologi.

    Dalam lima tahun terakhir, sebanyak 15 orang yang gagal menyelesaikan pendidikan di Akmil. Namun Andika berharap Enzo dan teman-temannya dapat terhindar dari seleksi alam di Akmil.

    Ia menegaskan, pihaknya berusaha mendorong agar para taruna ini sukses menjalani semua rangkaian pelatihan dan pendidikan di Akmil. Sehingga akhirnya mereka dilantik sebagai perwira aktif TNI.

    "Kami sebagai pendidik maupun organisasi, pasti kami punya mekanisme membina mental mereka, membentuk mereka, sehingga mereka semakin bagus. Tapi peran lingkungan adik-adik kita ini, di rumah dan di keluarga juga sangat besar," kata Andika dalam konferensi pers di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Selasa 13 Agustus 2019.

    Terakhir, jika pada akhirnya Enzo dan rekan-rekannya lulus Akmil, mereka akan langsung dilantik sebagai perwira oleh Presiden RI. Pelantikan mereka berlangsung di halaman Istana Merdeka, Jakarta.


    Hari-hari Enzo Menuju Perwira TNI
    Perwira TNI Angkatan Laut menangis dan memeluk orangtuanya seusai dilantik di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa (16/7/2019). (MI/RAMDANI)

     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id