Polisi Pukul Mahasiswa yang Lagi Salat? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 01 Oktober 2019 13:25 WIB
    Polisi Pukul Mahasiswa yang Lagi Salat? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu dari salah satu situs internet.
    Sebuah video yang memperlihatkan sejumlah anggota polisi menangkap mahasiswa yang melakukan aksi demo di dalam sebuah rumah ibadah viral di media sosial. Video tersebut diedarkan melalui situs berbagi video Youtube. 

    Pemilik channel Kalincako 69 memberi judul pada video tersebut bertuliskan: "Polisi pukul mahasiswa yang lagi solat". Video tersebut diunggah pada Kamis, 24 September 2019, tepat pada demo serentak mahasiswa menolak revisi RUU KPK dan RKUHP di sejumlah daerah. Video tersebut sudah ditonton sebanyak 11.945 kali.


    Polisi Pukul Mahasiswa yang Lagi Salat? Ini Faktanya


    Narasi :
    Polisi pukul mahasiswa yang lagi solat


    Penelusuran Fakta:
    Setelah ditelusuri, video tersebut memang benar adanya tetapi yang terjadi ialah aparat kepolisian sedang mengejar demonstran yang membuat kericuhan lalu berusaha kabur dan masuk ke dalam masjid. Terlihat beberapa polisi membawa tongkat, tameng, mengenakan helm dan bersepatu menangkap sejumlah mahasiswa di dalam masjid.

    Diketahui kejadian tersebut terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan. Pihak kepolisian telah memberikan keterangan persnya.

    Berikut penjelasan polisi yang disampaikan Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani kepada wartawan, Selasa 24 September 2019 yang dikutip pada Detik.com:

    KLARIFIKASI VIDEO ANGGOTA POLRI MENGEJAR MAHASISWA DI MASJID

    AWAL BEREDARNYA VIDEO TERSEBUT, MEMANG MIRIP KEJADIAN DI PETAMBURAN JAKARTA. NAMUN SETELAH DILAKUKAN PENGECEKAN DI LAPANGAN, BAHWA MEMANG BETUL MASJID ITU ADA DI SEBELAH KANTOR DPRD SULSEL.

    KRONOLOGIS KEJADIAN, ANGGOTA YG SEDANG MELAKUKAN PENGAMANAN DEMONSTRASI DI KANTOR DPRD, DILEMPAR MAHASISWA DG BATU. PASCA LEMPARAN ITU TERJADILAH PENGEJARAN MAHASISWA OLEH ANGGOTA, NAMUN MAHASISWA BERSEMBUNYI DI MASJID SAMPING DPRD. MAHASISWA YG MELEMPAR PETUGAS SENGAJA MENJADIKAN MASJID SEBAGAI TAMENG. AKHIRNYA PETUGAS MENANGKAP MAHASISWA PELAKU PELEMPARAN YG BERSEMBUNYI DI MASJID.

    SEHUBUNGAN DENGAN HAL TERSEBUT DI ATAS, POLDA SULSEL MOHON MAAF YG SEBESAR BESARNYA ATAS INSIDEN TERSEBUT.

    OKNUM YG MELAKUKAN TINDAKAN BERLEBIHAN AKAN DIPROSES SECARA HUKUM. NAMUN MAHASISWA PELAKU PELEMPARAN JUGA AKAN DIPROSES SECARA HUKUM. PROPAM SEGERA MELAKUKAN PENYELIDIKAN TERHADAP INSIDEN TERSEBUT.

    DEMIKIAN KLARIFIKASI INI KAMI BUAT ATAS PETUNJUK BAPAK KAPOLDA SULSEL.



    Kesimpulan:
    Kejadian yang berlangsung pada video tersebut memang benar adanya, hanya saja judul yang dibuat oleh akun Kalincako 69  ialah pernyataan yang tidak benar. Yang sebenarnya terjadi ialah polisi sedang menangkap demonstran yang membuat kericuhan bukan memukul mahasiswa yang sedang beribadah di dalam masjid.


    Sumber:
    https://www.youtube.com/watch?v=GlAmFjc82Kc


    Referensi:
    https://news.detik.com/berita/d-4720538/viral-video-polisi-kejar-mahasiswa-masuk-masjid-polda-sulsel-minta-maaf

     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id