Benarkah Jokowi Ingin Dilantik Lebih Cepat? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 04 Oktober 2019 06:15 WIB
    Benarkah Jokowi Ingin Dilantik Lebih Cepat? Ini Faktanya
    Presiden Jokowi. Foto: Medcom.id/Lis Pratiwi.
    Beredar unggahan di media sosial yang menyebutkan bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menginginkan memajukan jadwal pelantikan lebih cepat dari jadwal yang sudah diagendakan oleh KPU pada tanggal 20 Oktober 2019. Unggahan itu dicuitkan akun Twitter @ndCapio pada Senin, 30 September 2019.

    Dalam cuitannya, pemilik akun @ndCapio menyisipkan tulisan "Tanpa ada prihatin, malah minta dilantik lebih cepat..Tanpa dilantikpun,gak ada yang presiden selain dia..Bukannya mikirin rakyat dan negara"


    Benarkah Jokowi Ingin Dilantik Lebih Cepat? Ini Faktanya




    Narasi:

    Tanpa ada prihatin, malah minta dilantik lebih cepat..Tanpa dilantikpun,gak ada yang presiden selain dia..Bukannya mikirin rakyat dan negara


    Penelusuran Fakta:
    Setelah ditelusuri, klaim @ndCapio yang menyebut Jokowi ingin memajukan jadwal pelantikan lebih cepat adalah tidak benar. Pihak Istana memastikan pelantikan Jokowi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan KPU.

    Dilansir dari setkab.go.id, Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung membantah informasi itu. Pramono mengatakan, pelantikan Presiden akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah diputuskan oleh KPU.

    “Tidak. Tentunya Presiden memahami tentang ketatanegaraan,” kata Seskab di Gedung III Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta, Rabu 2 Oktober 2019.

    Pramono mengingatkan bahwa yang menyampaikan informasi mengenai keinginan memajukan jadwal pelantikan bukan dari Istana. Tapi dari pihak tertentu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

    “Tetap pelantikan sesuai dengan jadwal yang sudah diputuskan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum). Karena memang periodesasi DPR maupun periodesasi Presiden itu sudah fiks 5 tahunan. Tidak boleh maju sehari, tidak boleh mundur sehari,” tegas Seskab.


    Benarkah Jokowi Ingin Dilantik Lebih Cepat? Ini Faktanya



    Kesimpulan:
    Klaim yang menyebut Jokowi ingin mempercepat jadwal pelantikan tidak benar. Pula, klaim yang dibuat akun @ndCapio mengarahkan pembaca berfikir keliru.

    Sumber:
    https://twitter.com/ndCapio/status/1178504141666050048

    Referensi:
    https://setkab.go.id/pahami-ketatanegaraan-seskab-presiden-jokowi-ikuti-jadwal-pelantikan-yang-diputuskan-kpu/


     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id