Demonstran Mengencingi Polisi? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 03 Oktober 2019 09:33 WIB
    Demonstran Mengencingi Polisi? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu dari salah satu situs internet
    Sebuah foto yang memperlihatkan seseorang diduga demonstran sedang mengencingi barisan polisi dalam sebuah unjuk rasa. Foto itu disebar akun Facebook Solihin Putra Doang pada Rabu, 2 Oktober 2019.

    Dalam unggahannya, akun Solihin Putra Doang menambahkan keterangan foto bertuliskan "sok jago sok hebat polisi di kencingin. begitu di tangkap mewek dasar kadrun". Di kolom komentar, warganet mempersepsikan kejadian itu terkait demonstrasi yang terjadi baru-baru ini terkait penolakan RUU KPK dan RKUHP.


    Demonstran Mengencingi Polisi? Ini Faktanya



    Narasi:
    Sok jago sok hebat polisi di kencingin. begitu di tangkap mewek dasar kadrun


    Penelusuran Fakta:
    Tim Cek Fakta Medcom.id melakukan pencarian sumber asli foto tersebut. Menggunakan mesin pencari Yandex, ditemukan foto identik. Faktanya, foto tersebut diambil oleh seorang jurnalis foto sekaligus reporter lepas bernama Alejandra Bartoliche. Dia banyak berkolaborasi dengan sejumlah media besar. Alejandra juga pernah bekerja di Kantor Berita Nasional Télam selama sepuluh tahun.

    Foto yang diambil Alejandra itu diambil pada 20 Juni 2010 dan tayang di kantor berita REUTERS. Dalam keterangan foto tertulis:

    Seorang pengunjuk rasa yang kencing di depan barisan polisi selama kerusuhan menyusul kematian seorang anak lelaki berusia 15 tahun di San Carlos de Bariloche, Argentina, 18 Juni 2010. Menurut media setempat, pejabat pemerintah provinsi telah mengkonfirmasi bahwa empat petugas polisi , yang terlibat dalam insiden yang menyebabkan bocah lelaki itu tewas selama dugaan perampokan, telah dicopot dari jabatannya. Tiga orang tewas dan sedikitnya 12 lainnya cedera dalam bentrokan itu.


    Demonstran Mengencingi Polisi? Ini Faktanya



    Kesimpulan:
    Foto tersebut tidak terkait demonstrasi penolakasan RUU KPK dan RKUHP yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Kejadian di dalam foto itu berada di Buenos Aires, Argentina, tahun 2010.


    Sumber:
    https://web.facebook.com/photo.php?fbid=509702083159413&set=a.118604905602468&type=3&theater


    Referensi:
    https://yandex.com/images/search?source=collections&cbir_id=2352974%2FTdbbiQe7F4MSmyeCrgyxRw&rpt=imagelike&p=14&text=2352974%2FTdbbiQe7F4MSmyeCrgyxRw&pos=439&img_url=http%3A%2F%2Fwww.enlavuelta.org%2FIMG%2Fjpg%2Fbarilochehoy1_copia.jpg

    https://www.reuters.com/news/picture/editors-choice-idUSRTR2FFYV


     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id