[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Waspada, 12 Juta Warga Tiongkok Masuk Indonesia 6-17 Mei? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 05 Mei 2021 20:40 WIB
    [Cek Fakta] Waspada, 12 Juta Warga Tiongkok Masuk Indonesia 6-17 Mei? Ini Faktanya
    Seorang warga negara asing (WNA) berjalan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (13/1/2021). ANTARA FOTO/Fauzan/wsj



    Beredar pesan berantai yang berisi informasi eksodus warga Tiongkok masuk ke Indonesia ditengah pandemi Covid-19. Eksodus di tengah larangan mudik per 6-17 Mei 2021.

    Berikut isi lengkap pesan berantai tersebut.

    "ADA APA DENGAN INI ?!!!! 
    AYOOO..SIAPKAN CAMERA DAN VIDEO KAN MULAI TGL 6 HINGGA 17 MEI 2021 DI SEMUA BANDARA DI INDONESIA.!!! 
    KLO KITA TIDAK BOLEH MUDIK ADA APA SEBENARNYA YG TERJADI DIBANDARA TANGGAL  TERSEBUT !!!

     



    Ribuan Warga Tiongkok Ajukan Izin Tinggal Keadaan Terpaksa di Indonesia
    https://t.co/WwudQxHXwv?ssr=true

    Indonesia bakal dibanjiri oleh warga China dengan pengajuan izin tinggal ditambah dengan TKA China, pribumi bakal terpinggirkan... 

    RAKYAT SENDIRI  DI HARI RAYA IED DIKURUNG DALAM KOTA ..!!!

    KOK TEGA TEGANYA JUSTRU  WARGA WUHAN DARI RRC (BIANGKEROK PANDEMI COVID 19) BISA  DI BEBASKAN PESTA PORA MASUK KE  INDONESIA ????...

    AYO KITA GERAKAN SELURUH RAKYAT DAN TNI DI DAERAHNYA MASING2  UNTUK MENGAWASI  SELURUH BANDARA & PELABUHAN DI SELURUH INDONESIA.

    JANGAN BIARKAN  12 JUTA WARGA CINA KOMUNIS YG  AKAN TIBA DI INDONESIA DENGAN DALIH WISATAWAN BISA MASUK KE NEGERI INI 

    Wisatawan  Dari Wuhan Dan China Masuk Indonesia.

    Penerbangan Jakarta-Wuhan Dibuka Lagi, Pakai Pesawat Lion Air.


    https://travel.detik.com/travel-news/d-5549478/penerbangan-jakarta-wuhan-dibuka-lagi-pakai-pesawat-lion-air

    Jalur penerbangan dari Jakarta menuju Wuhan, China, pergi-pulang dibuka lagi untuk memberikan pelayanan kepada para penumpang. Rute itu dibuka setiap Senin.

    Siapkan camera dokumentasikan china2 ini yg masuk ke Indonesia..!
    untuk bukti
    jika terbukti mereka exodus ke NKRI
    SELURUH RAKYAT HARUS BERANI LAKUKAN PROTES !!! DEMONTRASI BESAR BESARAN..!!!"


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim 12 juta warga Tiongkok masuk ke Indonesia di tengah larangan mudik adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid terkait itu.

    Informasi hoaks eksodus jutaan warga Tiongkok masuk ke Indonesia berulang kali beredar dan tidak pernah terbukti kebenarannya. Cek fakta medcom.id, beberapa kali memuat artikel hoaks mengenai eksodu warga Tiongkok. Berikut di antaranya:

    Baca:[Cek Fakta] Terbongkar 200 Juta WN Tiongkok Masuk ke Indonesia? Ini Faktanya

    Baca:[Cek Fakta] 10 Juta Tentara Merah Tiongkok Masuk Indonesia? Ini Faktanya

    Artikel pertama yang dicatut dalam pesan berantai tersebut, mengenai pengajuan izin tinggal ribuan warga Tiongkok adalah artikel tahun lalu. Izin tinggal terpaksa diberikan saat muncul wabah virus corona awal-awal di Indonesia dan tidak adanya alat angkut yang membawa keluar wilayah Indonesia ke Tiongkok.

    Sepanjang 2021, dilansir kompas.com sebanyak 153 WNA asal China masuk ke Indonesia pada 23 januari lewat Bandara Soekarno-Hatta. Informasi tersebut dibenarkan Kasubbag Humas Ditjen Imigrasi Ahmad Nursaleh ketika menanggapi isu kedatangan tenaga kerja asing (TKA) asal China yang beredar di media sosial. 

    "Pada Sabtu, 23 Januari 2021 telah mendarat pesawat China Southern Airlines dari Guangzhou dengan membawa 171 penumpang yang terdiri 153 WN RRT (Republik Rakyat Tiongkok) dan 18 WNI," kata Nursaleh.

    [Cek Fakta] Waspada, 12 Juta Warga Tiongkok Masuk Indonesia 6-17 Mei? Ini Faktanya

    Adapun rute penerbangan Jakarta-Wuhan yang dibuka kembali, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub memastikan penerbangan tersebut bukanlah penerbangan berjadwal/reguler, melainkan penerbangan charter.

    Dilansir cnbcindonesia.com, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto menjelaskan penerbangan charter yang dimaksud adalah penerbangan yang telah memenuhi persyaratan terbang untuk pengangkutan Warga Negara Asing (WNA) asal China untuk kepentingan pekerjaan/perusahaan.

    Perizinan penerbangan ke Wuhan dari Bandara Soekarno-Hatta itu pun, kata Novie, hanya mendapatkan persetujuan terbang atau Flight Approval (FA) pada tanggal 18-19 April 2021 dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

    [Cek Fakta] Waspada, 12 Juta Warga Tiongkok Masuk Indonesia 6-17 Mei? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim 12 juta warga Tiongkok masuk ke Indonesia di tengah larangan mudik adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid terkait itu.

    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

    [Cek Fakta] Waspada, 12 Juta Warga Tiongkok Masuk Indonesia 6-17 Mei? Ini Faktanya

    Referensi:
    1.https://nasional.kompas.com/berita/13510051-masuknya-warga-negara-china-ke-indonesia-di-tengah-pandemi-covid-19?page=all
    2.https://www.cnbcindonesia.com/news/20210502102546-4-242453/ada-penerbangan-jkt-wuhan-kemenhub-charter-bawa-tka-china


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
     



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id