[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Kapal Kargo Pengangkut Kadrun Tenggelam di Laut China Selatan? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 28 Juli 2020 17:01 WIB
    [Cek Fakta] Kapal Kargo Pengangkut Kadrun Tenggelam di Laut China Selatan? Ini Faktanya
    Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
    Beredar sebuah tangkapan layar artikel berlogo CNN di media sosial. Pada tangkapan layar itu, tampak judul artikel "Kapal Kargo Pengangkut Kadrun tenggelam di Laut China Selatan".

    Artikel itu dimuat pada Minggu 27 Juli 2020 dan ditulis oleh Andre Nugraha. Meskipun Minggu, tanggal 26 Juli 2020. 

    Adalah akun facebook Yoga Howedes yang mengunggah tangkapan layar tersebut, Selasa 28 Juli 2020. Berikut narasi selengkapnya pada tangkapan layar:


    "Kapal Kargo dari Indonesia tujuan ke China dilaporkan tenggelam di Laut China Selatan pada Sabtu malam pukul 22:00 waktu setempat akibat kebocoran lambung Kapal. Kapal tersebut mengangkut Kadrun tujuan China dengan tujuan sebagai objek percobaan Vaksin Covid-19, dimana harga monyet di China sangat mahal sementara harga Kadrun bisa 10 kali lebih murah dari harga monyet. Sampai saat ini masih dalam penyelidikan Otoritas Tiongkok mengenai sebab kecelakaan fatal tersebut."



    [Cek Fakta] Kapal Kargo Pengangkut Kadrun Tenggelam di Laut China Selatan? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa situs CNN memuat sebuah artikel berjudul "Kapal Kargo Pengangkut Kadrun tenggelam di Laut China Selatan", tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal itu.

    Kami menelusuri situs CNN.com. Kami tidak menemukan berita sebuah kapal kargo yang tenggelam di laut China Selatan, baru-baru ini. Pula di situs CNNIndonesia.com. 

    Kami juga menelusuri Andre Nugraha yang disebut sebagai penulis artikel tersebut di CNN. Hasilnya dari dua situs CNN.com dan CNNIndonesia.com, tidak ditemukan informasi tersebut.

    Sementara itu, foto kapal yang digunakan sebagai ilustrasi pada artikel tersebut, identik dengan foto yang dirilis Reuters pada Oktober 2011. Kapal berbendera Liberia itu disebut menabrak karang Astrolabe (Astrolabe Reef) yang terletak di sekitar Selandia Baru.


    [Cek Fakta] Kapal Kargo Pengangkut Kadrun Tenggelam di Laut China Selatan? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa situs CNN memuat sebuah artikel berjudul "Kapal Kargo Pengangkut Kadrun tenggelam di Laut China Selatan", tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal itu.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    Referensi:
    https://edition.cnn.com/
    https://www.cnnindonesia.com/tentang-kami#redaksi
    https://www.reuters.com/article/idINIndia-59951520111018
    https://archive.today/w51W6


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id




    (DHI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id