[Cek Fakta]

    [Cek Fakta] Aktor Jackie Chan Resmi Memeluk Islam? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 14 Februari 2020 16:16 WIB
    [Cek Fakta]  Aktor Jackie Chan Resmi Memeluk Islam? Ini Faktanya
    Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
    Beredar narasi bahwa aktor laga asal Hongkong, Jackie Chan resmi memeluk agama Islam. Narasi ini beredar masif di sejumlah platform.

    Di antaranya narasi dari pranala (link) artikel laman BERITA-POST.COM yang dibagikan akun facebook Asdar Gawa pada Selasa 11 Februari 2020. Akun ini turut menyebarkan pranala bahwa Jackie telah menjadi seorang mualaf.

    "ALHAMDULILLAH.Akhirnya Aktor Laga Yang Terkenal JACKIE CHAN, Sudah Resmi Memeluk Agama ISLAM" Baca Selengkapnya," demikian narasi yang tampak pada judul pranala tesebut.

    Terlihat dalam pranala itu sebuah foto selfie Jackie dengan seseorang. Mereka sama-sama menggunakan kopiah hitam. Unggahan ini telah dibagikan sebanyak 130 kali, juga mendapatkan 2.300 tanggapan dan 160 komentar.


    [Cek Fakta]  Aktor Jackie Chan Resmi Memeluk Islam? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim yang mengatakan aktor laga Jackie Chan memeluk agama Islam adalah salah. Klaim ini merupakan isu lama yang pernah muncul beberapa tahun lalu.

    Seperti halnya laman islamku101.blogspot.com pada 28 Juli 2016. Laman ini menggungah artikel berjudul "SUBHANALLAH AKHIRNYA "AKTOR LAGA YANG TERKENAL JACKIE CHAN, SUDAH RESMI MEMELUK AGAMA ISLAM" ((BACA SELENGKAPNYA)) JANGAN LUPA DISHARE YA." Foto yang digunakan identik dengan laman Berita-Post.com.

    "Jackie Chan diberitakan berpindah agama jadi Muslim. Beritanya, Jackie masuk islam waktu dia ada di Filipina. Sedangkan pembaiatnya sendiri berjalan di Malaysia, bersamaan dengan pemberian gelar datuk pada Chan oleh kerajaan Malaysia," klaim laman tersebut di kala itu.

    Terkait isu yang kembali ramai ini, kami mencoba mengecek ulang. Kami melakukan reverse image terhadap foto selfie tersebut, melalui mesin pencari asal Rusia, Yandex. Ditemukan banyak foto seseorang yang selfie dengan Jackie.

    Dari pengecekan, nama yang berpose selfie dengan Jackie tersebut adalah Ustaz Mohd Kazim Elias. Kami kemudian menyandingkan nama ustaz tersebut dengan nama Jackie Chan di mesin pencari.


    [Cek Fakta]  Aktor Jackie Chan Resmi Memeluk Islam? Ini Faktanya


    Kami menemukan akun facebook terverifikasi, @era.je atau ERA (Malaysia). Dalam akun itu tampak foto serupa yang diunggah pada 1 Februari 2015.

    "?? Jackie Chan dan Ustaz Mohd Kazim Elias sempat selfie dulu sebelum dikurniakan gelaran Datuk hari ni sempena Hari Wilayah...Cerita mengenai #Trending hari ni ada kat era.fm atau boleh klik sini --> https://bit.ly/1EX1YnY

    Foto dari Twitter,"
    tulis akun tersebut.

    Kemudian kami membuka pranala yang dibagikan akun Era (Malaysia). Sayangnya tidak terbuka. 

    Kami tetap berusaha mencari dengan kata kunci 'gelaran datuk Jackie Chan'. Hasilnya seperti dilansir malaysiakini.com pada 1 Februari 2015, ditemukan artikel berjudul "Jackie Chan dapat gelaran Datuk". Waktunya persis dengan narasi yang diunggah akun facebook ERA (Malaysia).


    [Cek Fakta]  Aktor Jackie Chan Resmi Memeluk Islam? Ini Faktanya


    Dilansir thestar.com pada Senin 2 Februari 2015, adalah Tuanku Alhaj Abdul Halim Mu'adzam Shah yang memberikan gelar datuk kepada Jackie dalam rangka Federal Territory Day. Pemberian gelar itu lantaran Jackie dianggap turut mengharumkan nama Malaysia.


    [Cek Fakta]  Aktor Jackie Chan Resmi Memeluk Islam? Ini Faktanya


    Kesimpulan:

    Klaim yang mengatakan aktor laga Jackie Chan memeluk agama Islam adalah salah. Klaim ini merupakan isu lama yang pernah muncul beberapa tahun lalu.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    Referensi:
    1.https://web.facebook.com/era.je/photos/a.163670842344/10153301235032345/?type=3&theater
    2.https://www.malaysiakini.com/news/287952
    3.https://www.thestar.com.my/news/nation/2015/02/02/its-no-stunt-hk-superstar-is-now-datuk-jackie-chan


    Sumber:
    1. https://web.facebook.com/groups/270299856760632/permalink/940395193084425/?_rdc=1&_rdr
    2. https://islamku101.blogspot.com/2016/07/subhanallah-akhirnya-aktor-laga-yang.html 






    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id