[CEK FAKTA] Kontraktor Sabotase Drainase Ciptakan Banjir untuk Sudutkan Anies?

    Wanda Indana - 26 November 2019 14:14 WIB
    [CEK FAKTA] Kontraktor Sabotase Drainase Ciptakan Banjir untuk Sudutkan Anies?
    Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
    Pemilik akun @AbuHaidarSyari2 membagikan sebuah video yang memperlihatkan sejumlah pekerja kontraktor memasukkan pasir hasil galian yang dibungkus karung ke dalam saluran drainase. Disebutkan, kegiatan itu dilakukan untuk membuat banjir dan menyudutkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

    Unggahan video itu di-posting pada Senin, 25 November 2019. Si pemiliki juga menambahkan narasi bertuliskan:

    Kontraktor Drainase di DKI ini sengaja memasukkan galian ke dalam saluran drainase utk membuat banjir Jakarta tujuannya SABOTASE utk menjatuhkan Gubernur DKI JKT

    VIRALKAN AGAR DIKETAHUI PUBLIK kontraktornya AHOKERS penghianat bangsa



    [CEK FAKTA] Kontraktor Sabotase Drainase Ciptakan Banjir untuk Sudutkan Anies?


    Penelusuran:
    Setelah dilakukan penelusuran, kegiatan memasukkan karung pasir ke dalam saluran drainase yang terlihat dalam video tersbut merupakan aktivitas yang disebut manhole utilitas. Tujuannya sebagai upaya antisipasi kecelakaan.

    Disitat dari akun resmi Dinas Bina Marga DKI Jakarta @BinaMargaDKI, memberikan klarifikasi melalui tayangan video berdurasi 39 detik. Video itu berisi narasi bertuliskan:

    Lubang tersebut bukan sumur resapan, tapi manhole utilitas. Memang speknya harus dimasukkan karung pasir sebelum ditutup. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika terjadi kecelakaan.

    Saat proses pengerjaan utilitas maka karung pasir tersebut akan diangkat setelah itu proses boring subduct. Setelah selesai maka karung yang berisi pasir akan dimasukkan manhole kembali. Di beberapa tempat memang sering terisi air karena kemungkinan muka air tanah di daerah tersbut tinggi.


    Sementara itu, dilansir dari Kompas.com, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugraha, mengklarifikasi video viral tersebut pada Senin, 25 November 2019. Hari menyebutkan, peristiwa yang direkam dalam video yang beredar itu terjadi di Jalan Karang Anyar, Jakarta Pusat.

    "Lokasi tersebut di Jalan Karang Anyar Jakarta Pusat, sisi dari Mangga Besar ke Jalan Sukaryo Wiryopranoto," ujar Hari.

    Oleh karena itu, ia memastikan, tidak benar jika aktivitas itu disebut upaya untuk menciptakan banjir di Jakarta dan menjatuhkan pemerintah daerah.

    "Ya (itu hoaks)," jawab Hari singkat.



    Kesimpulan:
    Klaim yang menyebut kontraktor menyabotase saluran drainase yang menyebabkan banjir untuk menjatuhkan Anies adalah hoaks.

    Berita bohong tersebut masuk kategori Misleading Content (konten menyesatkan).
    Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    Referensi:
    https://twitter.com/BinaMargaDKI
    https://www.kompas.com/tren/berita/132110365-viral-video-penimbunan-lubang-galian-disebut-sabotase-banjir-jakarta?page=all#page2


    Sumber:
    https://twitter.com/AbuHaidarSyari2/status/1198981746580045827


     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id