[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Benarkah Foto Ini Memperlihatkan Longsor di Jalan Tol Semarang-Solo Arah Jakarta? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 02 Juni 2020 15:40 WIB
    [Cek Fakta] Benarkah Foto Ini Memperlihatkan Longsor di Jalan Tol Semarang-Solo Arah Jakarta? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
    Beredar sebuah foto yang memperlihatkan tanah longsor yang diklaim terjadi di Jalan Tol Semarang-Solo Km 426+600 arah Jakarta. Foto tersebut menyebar di media sosial dan pesan brantai WhatsApp.

    Akun Facebook Fadilah NuRre Zky turut membagikan foto tersebut pada Senin, 1 Juni 2020. Pada foto yang beredar terdapat narasi bertuliskan sebagai berikut:

    "Tanah longsor akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Semarang dan sekitarnya sejak Sabtu (30/5/2020) malam hingga dini hari tadi menutup salah satu ruas Jalan Tol Semarang-Solo KM 426, di Desa Susukan, kabupaten tersebut. | ISTIMEWA"


    [Cek Fakta] Benarkah Foto Ini Memperlihatkan Longsor di Jalan Tol Semarang-Solo Arah Jakarta? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim pada foto yang memperlihatkan dampak bencara tanah longsor di Jalan Tol Seamrang - Solo KM 426 adalah salah. Bahwa benar terjadi longsor pada lokasi jalan tersebut, namun dampak longsor tidak seperti yang terlihat pada foto yang beredar.

    Dilansir Antara, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui PT Trans Marga Jateng (TMJ) menegaskan bahwa foto dampak longsor di Jalan Tol Semarang-Solo Km 426+600 arah Jakarta yang beredar tersebut adalah hoaks.

    "Sehubungan dengan beredarnya foto terkait dampak longsor di Jalan Tol Semarang-Solo Km 426+600 arah Jakarta melalui Whatsapp Group dan media sosial lainnya, bersama ini kami tegaskan bahwa foto yang beredar tersebut adalah hoaks karena tidak menggambarkan kondisi sebenarnya," demikian keterangan tertulis PT Trans Marga Jateng yang diterima di Jakarta, pada Minggu, 31 Mei 2020.

    Kondisi dampak longsor yang sebenarnya dapat dilihat melalui foto udara dari petugas di lapangan yang diambil pada Minggu 31 Mei 2020 pada pukul 08.20 WIB.


    [Cek Fakta] Benarkah Foto Ini Memperlihatkan Longsor di Jalan Tol Semarang-Solo Arah Jakarta? Ini Faktanya


    PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku pengelola Jalan Tol Semarang-Solo dibantu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang serta jajaran Polres Semarang terus melakukan pembersihan longsoran di lokasi kejadian untuk memastikan keamanan pengguna jalan.

    Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas pekerjaan penanganan dampak longsor ini dan mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu, serta untuk pengguna jalan yang menggunakan Jalan Tol Semarang-Solo agar memantau kondisi lalu lintas secara aktif dan merencanakan perjalanan.


    Kesimpulan:
    Klaim pada foto yang memperlihatkan dampak bencana tanah longsor di Jalan Tol Seamrang - Solo KM 426 adalah salah. Bahwa benar terjadi longsor pada lokasi jalan tersebut, namun dampak longsor tidak seperti yang terlihat pada foto yang beredar.

    Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi).
    Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.


    Referensi:
    https://www.antaranews.com/berita/1526640/jasa-marga-tegaskan-foto-longsor-tol-semarang-solo-di-medsos-hoaks?fbclid=IwAR1610_F63nndtE5BD8FYl6jPAajw3xpEfWJZRCnaJRs_-12RCzg_5WXtPI


    *Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id

     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id