[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Ahok Jadi Menteri BUMN ? Simak Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 01 Juli 2020 15:36 WIB
    [Cek Fakta] Ahok Jadi Menteri BUMN ? Simak Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook
    Beredar sebuah tangkapan layar artikel berita yang berjudul "Beredar Kabar Ahok Jadi Menteri BUMN". Artikel ini beredar di media sosial Facebook.

    Akun Facebook atas nama Suzannah Oh Suzannah mengunggah tangkapan layar berita ini pada 1 Juli 2020. Dalam Unggahannya ia turut memberikan narasi.

    "Saat ini beredar kabar Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diangkat menjadi Menteri BUMN.
     
    Kabar masuk di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin karena PDIP mengajukan mantan Gubernur DKI Jakarta menjadi Menteri BUMN. 

    “Menteri BUMN ingin dipegang PDIP dan Jokowi setuju Ahok menjabat orang nomor satu kementerian perusahaan plat merah milik negara itu,” kata sebuah sumber. 

    Konsekuensi Ahok menjadi Menteri BUMN harus melepaskan jabatan komisaris utama BUMN. Info lain menyebut, Ahok menjadi Menteri BUMN untuk menghadapi para politisi yang menjadikan BUMN sebagai sapi perahan. “Ahok diharapkan mampu menghadapi politisi yang mengincar BUMN,” paparnya."


    Ungggahan ini mendapatkan 21 respon daeri warganet. Serta enam komentar dan dua kali dibagikan.

    "Yg mafia mereka, yg meras bumn juga mereka kok alibi nya norak ????????????," komentar akun bernama Nur Arifin


    [Cek Fakta] Ahok Jadi Menteri BUMN ? Simak Faktanya



    Penelusuran:
    Klaim bahwa Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjadi Menteri BUMN adalah salah. Faktanya, Menteri BUMN saat ini masih dijabat Erick Thohir dan belum ada pengumuman resmi dari Presiden Joko Widodo soal perombakan kabinet (reshuffle).

    Artikel judul berita serupa dimuat di situs Suaranasional.com. Dari isi berita tersebut, tidak ada sumber yang jelas informasi mengenai kabar mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi Menteri BUMN.

    Nama Ahok ditarik ke kabinet Joko Widodo-Ma'ruf jika terjadi reshuflle masih sebatas spekulasi dan prediksi. Dilansir dari Detik.com, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono sebelumnya memprediksi Ahok bakal mengisi salah satu pos menteri yang terkena reshuffle. Poyuono turut meyakini banyak menteri yang di-reshuffle.

    Jokowi diyakini bakal mencopot banyak menteri yang tidak memenuhi target. Dia lalu menyebut nama Ahok tengah disiapkan sebagai salah satu pengganti menteri yang akan dicopot.

    Isu reshuffle kabinet memang dalam beberapa hari mencuat ke publik setelah video kemarahan video Presiden Joko Widodo yang mengancam akan merombak kabinet.


    [Cek Fakta] Ahok Jadi Menteri BUMN ? Simak Faktanya


    Dilansir dari Medcom.id, Presiden Joko Widodo memerintahkan kementerian dan lembaga bekerja serius di tengah pandemi covid-19 (korona). Jokowi tak segan merombak kabinet bila tidak ada progres yang baik terkait penanganan covid-19 ke depan.
     
    "Bisa saja, membubarkan lembaga. Bisa saja reshuffle (kabinet). Sudah kepikiran ke mana-mana saya," tegas Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 18 Juni 2020.
     
    Video kemarahan Jokowi itu baru dirilis akun Youtube resmi Sekretariat Presiden Minggu, 28 Juni 2020. Kepala Negara geram melihat kinerja jajaran kabinet Indonesia Maju tidak menganggap serius krisis akibat pandemi covid-19.
     
    Jokowi menegaskan hal tersebut dapat mengancam keselamatan 267 juta penduduk Indonesia. "Lah kalau saya lihat bapak, ibu, dan saudara-saudara masih melihat ini sebagai (kondisi) normal, berbahaya sekali," tegas dia.
     
    Dia memerintahkan semua menteri dan kepala lembaga menyamakan persepsi. Jokowi menegaskan diperlukan kerja yang luar biasa dalam menangani pandemi covid-19.
     
    "Kerja keras, dalam suasana seperti ini sangat diperlukan. Kecepatan dalam suasana seperti ini sangat diperlukan. Tindakan-tindakan di luar standar saat ini sangat diperlukan dan manajemen krisis," tutur dia.

    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjadi Menteri BUMN adalah salah. Faktanya, Menteri BUMN saat ini masih dijabat Erick Thohir dan belum ada pengumuman resmi dari Presiden Joko Widodo soal perombakan kabinet (reshuffle).

    Informasi ini jenis hoaks Fabricated Content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.


    [Cek Fakta] Ahok Jadi Menteri BUMN ? Simak Faktanya


    Referensi:
    1.https://archive.md/zq0kC
    2.https://news.detik.com/berita/d-4800664/poyuono-yakin-reshuffle-besar-besaran-ahok-masuk-kabinet-ini-kata-jokowi
    3.https://www.medcom.id/nasional/politik/aNraOzWK-jokowi-ancam-reshuffle-menteri-tak-serius-urus-covid-19


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
     




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id