[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Prabowo Pakai Uang Pribadi Beli APD dari Tiongkok, Hoaks

    M Rodhi Aulia - 26 Maret 2020 07:01 WIB
    [Cek Fakta] Prabowo Pakai Uang Pribadi Beli APD dari Tiongkok, Hoaks
    Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
    Beredar narasi bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membeli alat pelindung diri (APD) dari Tiongkok dengan merogoh kocek pribadi. Narasi itu beredar di media sosial.

    Adalah akun facebook Nyta Prihasta yang mengunggah narasi tersebut pada Senin 23 Maret 2020. Ia mengomentari foto Prabowo saat menggelar konferensi pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin 23 Maret 2020.

    Berikut narasi lengkapnya:

    "APD yg Baru datang dari China di angkut dgn Pesawat TNI itu..Ternyata Atas Inisiatif dan Di Beli pakai Uang Pribadi Pak Prabowo..

    Bukan Uang Negara sperti Jokowi beli 2 juta Pil Kina itu."


    [Cek Fakta] Prabowo Pakai Uang Pribadi Beli APD dari Tiongkok, Hoaks



    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membeli alat pelindung diri (APD) dari Tiongkok dengan merogoh kocek pribadi, adalah salah. 

    Merujuk situs cek fakta TurnBackHoax.id, APD dari Tiongkok merupakan bantuan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Tiongkok dan program Corporate Social Responsibility (CSR) sejumlah perusahaan Tiongkok yang berinvestasi di Indonesia.

    Bantuan ini berawal dari operasi Bantuan Kemanusiaan (Humanitarian Aid) yang digagas langsung Prabowo Subianto. Pihaknya dari Kemhan RI bekerja sama dengan Markas Besar TNI untuk menyukseskan humanitarian aid tersebut.

    "Kita sangat serius memandang ancaman yang kita hadapi ini adalah ancaman untuk kita semua. Bukan saja seluruh bangsa Indonesia tapi juga seluruh dunia," kata Prabowo seperti dilansir Kemhan.go.id, Senin 23 Maret 2020.


    [Cek Fakta] Prabowo Pakai Uang Pribadi Beli APD dari Tiongkok, Hoaks


    Berikut artikel selengkapnya:

    Menhan Prabowo Subianto Serahkan Bantuan Alkes dari Tiongkok Untuk Rumah Sakit Rujukan Penanganan Covid-19

    JAKARTA – Menteri Pertahanan H. Prabowo Subianto menyerahkan bantuan Alat Kesehatan (Alkes) dari Republik Rakyat Tiongkok yang akan dipergunakan untuk penanganan virus Corona (COVID-19) di Indonesia.

    Bantuan Alkes dari Tiongkok tersebut diserahkan secara simbolis oleh Menhan kepada perwakilan Rumah Sakit yang ditunjuk sebagai Rumah Sakit rujukan penanganan Covid – 19, Senin (23/3) di Base Ops TNI AU, Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

    Acara penyerahan dihadiri Menteri Kesehatan Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K), Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Sestama BNPB Ir Harmensyah, Sekjen Kemhan Laksdya Dr. TNI Agus Setiadji dan Irjen Letjen TNI Kemhan Ida Bagus Purwalaksana.

    Sebagaimana diketahui, Kementerian Pertahanan (Kemhan) bersama Mabes TNI sukses menggelar operasi Bantuan Kemanusiaan (Humanitarian Aid) guna membawa alat-alat kesehatan dari Tiongkok untuk membantu Indonesia melawan penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Tanah Air.

    Operasi Humanitarian aid yang digagas oleh Prabowo Subianto ini dilakukan oleh Kemhan dan Mabes TNI atas bantuan Kementrian Pertahanan (Kemhan) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) serta dukungan Corporate Social Responsibility (CSR) sejumlah perusahaan Tiongkok yang berinvestasi di Indonesia.

    Bantuan yang diberikan berupa alat-alat kesehatan (Alkes), seperti Rapid Test dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan guna menekan penyebaran wabah Covid-19 di Indonesia. Kementerian Pertahanan RI bersama Mabes TNI mengambil langsung bantuan tersebut dengan menggunakan pesawat udara militer milik TNI AU. Pesawat angkut berat C130 Hercules itu berangkat Sabtu (21/3) ke Tiongkok, dan mendarat di Bandara Halim Perdana Kusumah, Jakarta Senin (23/3).

    Usai penyerahan secara simbolis, Menhan dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa penyerahan bantuan Alkes ini menunjukkan keseriusan pemerintah Republik Indonesia dan semua unsur. Pemerintah Indonesia bekerjasama dengan pemerintah negara sahabat seperti Republik Rakyat Tiongkok dan perusahaan-perusahaan swasta dari Tiongkok dan dari Indonesia saling bekerja sama bergabung dalam rangka menghadapi ancaman Covid-19.

    “Kita sangat serius memandang ancaman yang kita hadapi ini adalah ancaman untuk kita semua. Bukan saja seluruh bangsa Indonesia tapi juga seluruh dunia”, ungkap Menhan.

    Menhan Ajak Bahu Membahu Atasi Penyebaran Covid-19

    Dalam menghadapi ancaman Covid-19, Menhan mengajak semua pihak dan komponen bangsa saling bekerjasama yang baik dengan saling mendukung dan saling membantu. “Ini saatnya kita bersatu ini, saatnya kita bahu-membahu menghadapi ini, karena seluruh dunia dalam ancaman”, tandas Menhan.

    Menhan lebih jauh menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua unsur-unsur yang telah bekerjasama, baik kepada pemerintah Republik Rakyat Tiongkok dan juga kepada perusahaan – perusahaan investor. Menhan juga menyampaikan terima kasih kepada TNI dan jajarannya yang menunjukkan sikap yang berani, yang gagah yang berkorban.

    Pada kesempatan tersebut, atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, Menhan juga mengucapkan terima kasih kepada para dokter, perawat dan juga pekerja di rumah sakit yang berada di garis paling depan berjuang untuk bangsa dan negara menghadapi ancaman Covid-19.

    “Kami kagum sama kalian, kami hormat sama kalian, para dokter, para perawat para pekerja di rumah sakit, kau pahlawan-pahlawan sekarang ini. Kami berjanji akan berbuat yang terbaik untuk mendukung kalian membantu rakyat Indonesia”, ungkap Menhan.

    Menhan meyakinkan bahwa Presiden Joko Widodo bersama seluruh jajaran di pemerintah sedang dan akan lebih kerja keras lagi untuk menghadapi ancaman Covid-19. “Dan kita yakin, kalau kita bersatu kita yakin ini akan kita atasi. Kita tidak perlu panik tidak perlu risau, bahaya ada di mana-mana, tapi kita berani dan akan mampu mengatasi ini”, pungkasnya. 



    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membeli alat pelindung diri (APD) dari Tiongkok dengan merogoh kocek pribadi, adalah salah. 

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik. 


    Referensi:
    1.https://turnbackhoax.id/2020/03/24/salah-apd-dari-china-dibeli-dengan-uang-pribadi-prabowo/
    2.https://www.kemhan.go.id/2020/03/23/menhan-prabowo-subianto-serahkan-bantuan-alkes-dari-tiongkok-untuk-rumah-sakit-rujukan-penanganan-covid-19.html






    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id