[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Penusuk Syekh ALi Jaber Simpatisan FPI yang Benci Ulama Nasionalis? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 15 September 2020 09:07 WIB
    [Cek Fakta] Penusuk Syekh ALi Jaber Simpatisan FPI yang Benci Ulama Nasionalis? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
    Beredar sebuah narasi yang menyebutkan penusuk ulama Syekh Ali Jaber adalah simpatisan Front Pembela Islam (FPI) yang membenci ulama nasionalis. Narasi ini beredar di media sosial facebook.

    Akun Facebook atas nama Putri Nur Rohmat membagikan narasi ini pada 15 September 2020. Dalam unggahannya ia memberikan narasi.
     

    "TERNYATA..... PENUSUK SYEKH ALI JABER DIDUGA SIMPATISAN FPI YANG BENCI ULAMA NASIONALIS"


    Unggahan ini mendapatkan respon dari 26 warganet. Serta 50 koemntar dan dua kali dibagikan ulang.


    [Cek Fakta] Penusuk Syekh ALi Jaber Simpatisan FPI yang Benci Ulama Nasionalis? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari haisl penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim bahwa penusuk ulama Syekh Ali Jaber simpatisan FPI yang membenci ulama nasionalis adalah salah. Faktanya, polisi masih menyelidiki motif penusukan dan belum ada keterangan polisi pelaku berafiliasi dengan kelompok tertentu.

    Dilansir dari medcom.id, Polda Lampung masih melakukan pemeriksaan kejiwaan AA, pelaku penusukan Syekh Ali Jaber. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan pengakuan orang tua pelaku yang menyebut anaknya mengalami gangguan jiwa.
     
    "Menurut keterangan orang tuanya yang bersangkutan mengalami gangguan jiwa, namun dari kepolisian tidak bisa menerima pengakuan ini begitu saja," kata Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto, di Mapolresta Bandarlampung, Minggu, 13 September 2020.
     
    Penikaman Syekh Ali Jaber oleh orang tidak dikenal terjadi sekitar pukul 17.20 WIB. Ali Jaber ditikam saat melangsungkan program satu juta hafidz di Masjid Falahuddin di Kelurahan Sukajawa Kecamatan Tanjung Karang Barat (TKB) Kota Bandarlampung.

    Pihak kepolisian dalam hal ini Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Bandarlampung, langsung mengundang dokter dari rumah sakit jiwa kurungan nyawa untuk memeriksa kejiwaan pelaku.
     
    "Saat ini sudah dilakukan observasi awal dari pelaku dan besok kita akan resmi memberikan visum ke rumah sakit jiwa guna pemeriksaan lanjutan," kata dia.


    [Cek Fakta] Penusuk Syekh ALi Jaber Simpatisan FPI yang Benci Ulama Nasionalis? Ini Faktanya


    Dilansir dari Merdeka.com,  Polisi belum menemukan kaitan pelaku penusukkan Syekh Ali Jaber dengan kelompok teroris tertentu. AA, pelaku penusukkan beralasan kerap terbayang sosok Syekh Ali setelah menyaksikannya berdakwah lewat televisi.

    "Ya sampai sejauh ini kita belum menemukan hal kesana (terorisme) yang karena berdasarkan pemeriksaan tersangka tadi malam dalam pengakuannya, dia sering melihat Syekh Ali di televisi. Sehingga dia merasa terbayang-bayangi wujud Syekh Ali Jaber dan melakukan tindakan (penusukan) tersebut," ujar Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad dilansir Merdeka.com.

    Pandra menambahkan, penyidik masih mendalami motif tindakan pelaku. "Hanya itu yang ada di alam pikiran dia. Makanya ini harus sesuai, antara fakta yang terjadi maupun dari keterangan tersangka," ujarnya.


    [Cek Fakta] Penusuk Syekh ALi Jaber Simpatisan FPI yang Benci Ulama Nasionalis? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim bahna penusuk ulama Syekh Ali Jaber simpatisan FPI yang membenci ulama nasionalis adalah salah. Faktanya, polisi masih menyelidiki motif penusukan dan polisi belum menemukan keterkaitan pelaku dengan kelompok tertentu.

    Informasi ini jenis hoaks Fabricated Content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
    [Cek Fakta] Penusuk Syekh ALi Jaber Simpatisan FPI yang Benci Ulama Nasionalis? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://archive.vn/dBuQ0
    2.https://www.medcom.id/nasional/hukum/3NOGea3N-polisi-periksa-kejiwaan-pelaku-penusukan-syekh-ali-jaber
    3.https://www.merdeka.com/peristiwa/polisi-belum-temukan-kaitan-penusuk-syekh-ali-jaber-dengan-kelompok-teroris.html


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WHS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id