[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Jokowi Diisukan Jadi Presiden Seumur Hidup? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 14 April 2021 14:06 WIB
    [Cek Fakta] Jokowi Diisukan Jadi Presiden Seumur Hidup? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook



    Beredar sebuah informasi yang menyebutkan Presiden Joko Widodo diisukan bakal menjabat preisden seumur hidup. Informasi beredar di facabook.

    Akun facebook Pak Raden Gatot Kaca membagikan tangkapan layar cuitan akun twitter @keuangannews_id pada 13 April 2021. Dalam unggahannya ia memberikank kutipan sebagai berikut.

    "MasyaAllah.. teriak 3 periode aja dapet jaket.+ 1000 triliyun.
    Gak ngebayang bakal dapet apa ????."

    [Cek Fakta] Jokowi Diisukan Jadi Presiden Seumur Hidup? Ini Faktanya






    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim isu Jokowi bakal menjabat presiden seumur hidup adalah salah. Faktanya, berdasarkan UUD 1945 dan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu masa jabatan presiden dibatasi selama dua periode.

    Masa jabatan Presiden yang diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tertuang dalam pasal 169 huruf n berbunyi.“Persyaratan menjadi calon Presiden dan Wakil Presiden adalah : (n) belum pernah menjabat sebagai Presiden atau Wakil Presiden selama 2 (dua) kali masa jabatan dalam jabatan yang sama.”
     
    Dalam UUD 1945 Pasal 7 menyebutkan "Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatannya selama masa lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali. Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatan selama lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan"

    Dilansir medcom.id, Sekretaris Kabinet Pramono Anung merespons wacana penambahan masa jabatan presiden. Presiden Joko Widodo disebut tak pernah berpikir menambah masa jabatan presiden.
     
    "Sampai hari ini Presiden sama sekali tidak berpikir itu dan ini juga kalau dibiarkan menjadi kontraproduktif," kata Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 25 November 2019.
     
    Pramono menyebut amendemen Undang-Undang Dasar 1945 ibarat membuka kotak pandora. Ia yakin Presiden Jokowi tak ingin masa jabatan presiden ditambah.
     
    Apalagi, Jokowi merupakan presiden yang dipilih langsung rakyat. Jokowi diyakini akan taat dan patuh kepada konstitusi.
     
    "Bahkan partai-partai pun, termasuk partai besar mereka beranggapan bahwa gagasan ini terlalu mengada-ada," paparnya.

    [Cek Fakta] Jokowi Diisukan Jadi Presiden Seumur Hidup? Ini Faktanya

    Dilansir dari detik.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menolak usulan jabatan presiden menjadi tiga periode. Bahkan Jokowi merasa usulan itu seperti hendak mendorongnya supaya jatuh tersungkur.
     
    "Usulan itu menjerumuskan saya," kata Jokowi lewat akun Twitter resminya yang bercentang biru, @jokowi, Minggu, 2 Desember 2019.
     
    Jokowi menyatakan, dia adalah produk pemilihan presiden yang dipilih langsung oleh rakyat, berdasarkan konstitusi yang mengatur masa jabatan presiden maksimal dua periode.
     
    "Saya adalah produk pemilihan langsung berdasarkan UUD 1945 pasca reformasi. Posisi saya jelas: tak setuju dengan usul masa jabatan Presiden tiga periode," cuit Jokowi di kalimat pertamanya.

    [Cek Fakta] Jokowi Diisukan Jadi Presiden Seumur Hidup? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim isu Jokowi bakal menjadi presiden Indonesia seumur hidup adalah salah. Faktanya, berdasarkan UUD 1945 dan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu masa jabatan presiden dibatasi selama dua periode.
     
    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

    [Cek Fakta] Jokowi Diisukan Jadi Presiden Seumur Hidup? Ini Faktanya

    Referensi:
    1.https://www.medcom.id/nasional/politik/0k8D2Dok-jokowi-tak-pernah-berpikir-menambah-masa-jabatan-presiden
    2.https://news.detik.com/berita/d-4806723/jokowi-usulan-presiden-3-periode-menjerumuskan-saya
    3.https://archive.fo/a2DDk


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id