[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Video Musisi Lintas Agama Melantunkan Asmaul Husna di Selandia Baru ? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 16 November 2020 15:44 WIB
    [Cek Fakta] Video Musisi Lintas Agama Melantunkan Asmaul Husna di Selandia Baru ? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
    Beredar sebuah video yang dinarasikan berisi musisi lintas agama di Selandia Baru yang sedang melantunkan Asmaul Husna untuk memohon berhentinya wabah covid-19. Video ini beredar di media sosial facebook.

    Akun facebook atas nama Sunar Aja membagikan video ini. Ia mengunggah ulang dari akun facebook atas nama Mamah Dedeh. Dalam unggahannya terdapat narasi sebagai berikut.
     

    "Pertama kali dlm sejarah dunia para pemusik dan penyanyi dunia dari kalangan agama islam, kristiani, yahudi, budha, hindu, berkumpul di New Zealand menyanyikan Asmaulhusna ( 99 asma ALLAH ) untuk memohon berhentinya wabah corona COVID 19. luar biasa."


    [Cek Fakta] Video Musisi Lintas Agama Melantunkan Asmaul Husna di Selandia Baru ? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim musisi lintas agama di Selandia Baru sedang melantunkan Asmaul Husna untuk memohon berhentinya wabah covid-19 adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah pertunjukan musik di Turki pada tahun 2011 lalu. Hoax ini sudah beredar sejak bulan Maret 2020.

    Dilansir dari Turnbackhoax.id, video yang serupa juga ditemukan di website dailymotion.com yang berjudul “Saraybosna Fatih Sultan Mehmet Korosu Konseri” yang berarti “Paduan Suara Fatih Sultan Mehmet Merebut Hati Penonton” dengan durasi 1 jam 42 menit yang dipublikasi pada 29 Mei 2011.

    Konser digelar di Museum Hagia Irene, Istanbul. Konser itu dibawakan oleh paduan suara Saraybosna Fatih Sultan Korosu yang terdiri dari pelajar Kroasia, Serbia dan Bosnia yang sedang belajar di Akademi Musik Bosniadi dan lagu-lagu yang dilantunkan dalam beberapa bahasa yaitu Turki, Malaysia, Arab, Bosnia, Urdu, dan Persia.

    [Cek Fakta] Video Musisi Lintas Agama Melantunkan Asmaul Husna di Selandia Baru ? Ini Faktanya

    Dilansir dari AFP.com, Abdullah Gul, presiden Turki yang menjabat dari tahun 2007 hingga tahun 2014, juga menghadiri konser tersebut dan mempublikasikannya di blog pribadinya tertanggal 29 Mei 2011. 

    Presiden Abdullah Gul, yang mengunjungi Hagia Sophia bersama istrinya Hayrunnisa Gul, kemudian menyaksikan konser yang diadakan oleh TRT di Hagia Irene di acara peringatan Penaklukan Istanbul. Presiden dan Ny. Gul mendengarkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Paduan Suara Fatih Sultan Mehmet yang datang ke Turki sebagai tamu istimewa saluran Musik TRT di Hagia Irene.

    Kesimpulan:
    Klaim musisi lintas agama di Selandia Baru sedang melantunkan Asmaul Husna untuk memohon berhentinya wabah covid-19 adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah pertunjukan musik di Turki pada tahun 2011 lalu. Hoax ini sudah beredar sejak bulan Maret 2020.

    Informasi ini jenis hoaks False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
    [Cek Fakta] Video Musisi Lintas Agama Melantunkan Asmaul Husna di Selandia Baru ? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://archive.vn/anA1U#selection-1289.0-1289.250
    2.https://turnbackhoax.id/2020/11/14/salah-video-pemusik-dan-penyanyi-dunia-dari-berbagai-agama-menyanyikan-asmaul-husna-di-selandia-baru-untuk-memohon-berhentinya-wabah-covid-19/
    3.https://www.dailymotion.com/video/xizqys
    4.https://periksafakta.afp.com/video-ini-menunjukkan-konser-paduan-suara-di-turki-pada-tahun-2011


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id