[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Video Ribuan Burung Gagak Hitam Menyerbu AS di Tengah Pandemi Covid-19? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 14 Mei 2020 15:14 WIB
    [Cek Fakta] Video Ribuan Burung Gagak Hitam Menyerbu AS di Tengah Pandemi Covid-19? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
    Beredar video yang diklaim memperlihatkan kawanan burung gagak menyerbu Amerika Serikat di tengah pandemi virus Korona baru (covid-19). Video itu menyebar melalui media sosial dan pesan berantai WhatsApp.

    Akun Facebook Djoko Umbaran turut membagikan video berdurasi 1 menit 56 detik itu pada Kamis, 14 Mei 2020. Dalam video, tampak kawanan burung gagak terbang di atas area parkir terbuka disertai suara kepanikan sejumlah orang. Pemilik akun membuat keterangan pada video bertuliskan:

    "SIAPA YANG BISA MENJELASKAN FENOMENA ALAM INI..?
    Di amerika serikat. Banyak burung gagak hitam menyerbu ruang.
    Melumpuhkan kendaraan dan memaksa orang utk bersembunyi di rumah rumah"


    Di kolom komentar, banyak warganet yang mengaitkan fenomena tersebut dengan adanya kematian massal akibat virus Korona di Amerika Serikat.


    [Cek Fakta] Video Ribuan Burung Gagak Hitam Menyerbu AS di Tengah Pandemi Covid-19? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim pada video bahwa kerumunan burung gagak menyerbu Amerika Serikat di tengah pandemi covid-19 adalah keliru. Faktanya, peristiwa dalam video tersebut terjadi pada 2016. Pula, peristiwa tersebut adalah fenomena alam yang sering terjadi.

    Dilansir Dailymail.co.uk, melalui artikel berjudul "'Terrifying' moment thousands of black birds swarm the parking lot of a Texas shopping center, resembling iconic scene from 1963 Alfred Hitchcock film The Birds" menjelaskan migrasi gagak cukup umum di 48 negara bagian Amerika Serikat di luar gurun barat daya.

    Pada 26 Januari 2017, Dailymail.co.uk juga pernah menurunkan berita terkait migrasi burung gagak yang menuju kota Huston, Texas.


    [Cek Fakta] Video Ribuan Burung Gagak Hitam Menyerbu AS di Tengah Pandemi Covid-19? Ini Faktanya


    Kanal Youtube ViralHog juga mengunggah video identik. Pemilik kanal memberikan keterangan bahwa rekaman video yang memperlihatkan kawanan burung gagak memenuhi area parkir diambil pada 6 Desember 2016. Berikut keterangannya:

    "Terjadi pada 6 Desember 2016 / Carrollton, Texas, AS

    "Saya meninggalkan H-mart dan kembali ke mobil saya dengan barang belanjaan. Saya perhatikan burung-burung itu sangat berisik ketika saya pergi, tetapi langit tidak dipenuhi dengan mereka seburuk yang ditunjukkan dalam video. Saya pergi ke mobil saya sementara beberapa orang menunggu di pintu masuk gedung. Seperti yang Anda lihat, daerah dipenuhi dengan burung. Rupanya, ini adalah burung hitam dan mereka berkumpul tepat ketika matahari terbenam. Saya tidak tahu alasan ilmiah yang tepat untuk itu, tetapi ada satu dan itu sering terjadi. Saya ingat melihat banyak kelompok burung seperti ini ketika saya masih muda, tetapi tidak pernah seperti ini banyak!"


    [Cek Fakta] Video Ribuan Burung Gagak Hitam Menyerbu AS di Tengah Pandemi Covid-19? Ini Faktanya


    Dikutip dari livescience.com, gagak tergolong burung yang sangat cerdas. Mereka dikenal karena keterampilan memecahkan masalah dan keterampilan komunikasi yang luar biasa.

    Beberapa gagak bermigrasi sedangkan gagak lain tidak bermigrasi. Mereka akan melakukan perjalanan ke daerah yang lebih hangat.

    Gagak dapat ditemukan di seluruh dunia di berbagai habitat. Misalnya, gagak Amerika tinggal di seluruh Amerika Utara dan lebih suka daerah terbuka - tanah pertanian dan padang rumput - dengan pohon-pohon di dekatnya. Mereka juga tumbuh subur di lingkungan pinggiran kota, menurut ADW.


    [Cek Fakta] Video Ribuan Burung Gagak Hitam Menyerbu AS di Tengah Pandemi Covid-19? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim pada video bahwa kerumunan burung gagak menyerbu Amerika Serikat di tengah pandemik virus Korona baru (covid-19) adalah salah. Faktanya, peristiwa dalam video tersebut terjadi pada 2016. Pula, peristiwa tersebut adalah fenomena alam yang sering terjadi.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    Referensi:
    https://www.dailymail.co.uk/news/article-7958227/Terrifying-moment-thousands-black-grackle-birds-swarm-parking-lot-Texas-shopping-center.html
    https://www.dailymail.co.uk/news/article-4157810/Eerie-video-shows-huge-swarm-birds-swarming-Houston.html
    https://www.youtube.com/watch?v=h7Ti-O8MByY
    https://www.livescience.com/52716-crows-ravens.html


    *Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id

     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id