[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Video TNI Kirim Pasukan ke Palestina? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 30 Juli 2020 19:02 WIB
    [Cek Fakta] Video TNI Kirim Pasukan ke Palestina? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook
    Beredar sebuah video parade militer yang dinarasikan sebagai pasukan TNI yang akan dikirim ke Palestina. Video ini beredar di media sosial Facebook.

    Akun facebook atas nama Joko Sularno membagikan video ini pada 30 Juli 2020. Dalam videonya ia turut memberikan narasi.
     

    "NICH INDONESIA MENGIRIMKAN PASUKAN KE PALESTINA ........
    KAMFRETTT N KADRUN YG TERIAK2 !!"


    Video berdurasi 25 detik itu terlihat sekelompok tentara dengan bersenjata lengkap menaiki truk. Sekilas seragam yang mereka kenakan mirip dengan seragam Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dengan baret merah dan berseragam loreng.


    [Cek Fakta] Video TNI Kirim Pasukan ke Palestina? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim video TNI mengirim mengirim pasukan ke Palestina adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah tentara Sri Lanka yang sedang berparade di salah satu sudut jalan di Kota Kadawatha, Provinsi Barat Sri Lanka.

    Lewat penggalan tangkapan layar video tersebut, terdapat sebuah toko bernama Aruna Shoe Mart. Lewat penulusuran Google Strret View, Aruna Shoe Mart berada di Kota Kadawatha, Provinsi Barat Sri Lanka. 

    Kawasan di sekitar Aruna Shoe Mart sangat identik dengan video tersebut. Dilihat dari toko-toko disebelahnya dengan tulisan aksara Sinhala bahasa resmi di Sri Lanka. 


    [Cek Fakta] Video TNI Kirim Pasukan ke Palestina? Ini Faktanya


    Adapun seperti dilansir Kompas.com,  pengiriman pasukan TNI ke Palestina sangat tergantung pada putusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

    Pengiriman pasukan TNI bisa terwujud jika PBB memutuskan untuk membentuk pasukan pemelihara perdamaian di Palestina. Itu pun kalau PBB menawarkan kepada Indonesia dan masih harus melalui seleksi. 

    Konflik yang berlarut-larut di Gaza, mendorong sejumlah komponen dan organisasi massa di Indonesia mendesak pemerintah untuk mengirimkan militernya ke Palestina. Sebagian kelompok organisasi massa bahkan membuka pendaftaran relawan ke Pakistan. Namun, Pemerintah meminta pengiriman semua pihak yang berencana mengirimkan sukarelawan diminta untuk berkonsultasi dulu dengan pemerintah. 


    [Cek Fakta] Video TNI Kirim Pasukan ke Palestina? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim video TNI mengirim mengirim pasukan ke Palestina adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah tentara Sri Lanka yang sedang berparade di salah satu sudut jalan di Kota Kadawatha, Provinsi Barat Sri Lanka.

    Informasi ini jenis hoaks False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    [Cek Fakta] Video TNI Kirim Pasukan ke Palestina? Ini Faktanya


    Referensi:
    1.https://nasional.kompas.com/berita/22312716-tni.mustahil.kirim.pasukan.ke.palestina.tanpa.mandat.pbb
    2.https://www.google.com/streetview/
    3.https://archive.md/bcSBU


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id

     


    (WHS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id