[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Beredar Foto Cak Nun Bersama Ibunda yang Sudah Meninggal Hoaks, Ini Faktanya

    Wanda Indana - 14 September 2020 12:20 WIB
    [Cek Fakta] Beredar Foto Cak Nun Bersama Ibunda yang Sudah Meninggal Hoaks, Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
    Beredar sebuah foto yang memperlihatkan Budayawan kondang Emha Ainun Najib alias Cak Nun bersama seorang wanita paruh baya yang diklaim ibunda Cak Nun. Foto itu beredar di media sosial. 

    Adalah akun Facebook Abd Sarkepo turut membagikan foto itu pada Jumat, 11 September 2020. Pemilik akun juga menyertakan ucapan belasungkawa pada foto tersebut. Berikut narasinya:

    "bunda cak nun meninggal dunia malam ini ,dan di makam kan mlm ini di sumo bito jombang, innalillahi wainnailahirojiun ,semoga di ampuni dosa nya dan diterima amal ibadah nya  dan husnul khotimah aamiiin...."


    [Cek Fakta] Beredar Foto Cak Nun Bersama Ibunda yang Sudah Meninggal Hoaks, Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa Ibunda Budayawan Cak Nun meninggal dunia pada Jumat, 11 September 2020 adalah salah. Faktanya, ibunda Cak Nun bernama Chalimah, sudah meninggal delapan tahun lalu. 

    Dilansir Kabarjombang.com, perempuan lansia bersama Cak Nun dalam foto yang beredar tersebut adalah Mamak Cammana, pegiat kebudayaan asal Sulawesi. Demikian dikatakan adik kandung Cak Nur, Nasrul Ilahi.

    “Teman-taman jemaah maiyah memang memanggil beliau ibunda. Beliau meninggal awal September, sama dengan bulan meninggalnya ibu. Jadi banyak yang salah informasi,” kata Nasrul Ilahi, pada Sabtu 12 September 2020.

    Pria yang biasa dipanggil Cak Nas itu menjelaskan, Mamak Cammana adalah Parrawana Towaine (penabuh rebana perempuan) dalam seni tradisional Mandar. Dia sering berproses bersama Cak Nun dan Kiai Kanjeng. Mamak Camma meninggal di Sulawesi pada Senin (7 September 2020) sekitar pukul 15.15 WITA.

    “Beliau memang seniman yang kerap tampil di panggung nasional. Sering bersama Emha Ainun Najib atau Cak Nun dan grup Kiai Kanjeng,” jelas Cak Nas.
    Mamak Camma meninggal di Sulawesi pada Senin (7/9/2020) sekitar pukul 15.15 WITA.

    Sementara itu, dilansir dari Wikipedia, Cak Nun merupakan anak keempat dari 15 bersaudara. Lahir dari pasangan Muhammad Abdul Latief dan Chalimah. Ayahnya adalah petani dan tokoh agama (kyai) yang sangat dihormati masyarakat Desa Menturo, Sumobito, Jombang.


    [Cek Fakta] Beredar Foto Cak Nun Bersama Ibunda yang Sudah Meninggal Hoaks, Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Klaim bahwa Ibunda Budayawan Cak Nun meninggal dunia pada Jumat, 11 September 2020 adalah salah. Faktanya, ibunda Cak Nun sudah meninggal delapan tahun lalu. 

    Informasi ini jenis hoaks Misleading content. Ini terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.


    [Cek Fakta] Beredar Foto Cak Nun Bersama Ibunda yang Sudah Meninggal Hoaks, Ini Faktanya


    Referensi:
    https://archive.md/8NP3a
    https://kabarjombang.com/hoaks-ibunda-cak-nun-meninggal-cak-nas-itu-mamak-cammana/
    https://id.wikipedia.org/wiki/Emha_Ainun_Nadjib


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id