[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Tiongkok Bohong soal Asal-usul Virus Korona? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 15 April 2021 17:30 WIB
    [Cek Fakta] Tiongkok Bohong soal Asal-usul Virus Korona? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Situs Internet



    Beredar kabar yang menyebutkan Tiongkok berbohong soal asal usul virus korona baru alias SARS-CoV-2. Kabar ini beredar di media sosia. 

    Situs daring sehatalajsr.com membagikan kabar tersebut. Situs itu mengunggah artikel yang menarasikan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan peternakan satwa liar di Tiongkok yang menjadi sumber pandemi covid-19. Informasi tersebut diklaim berasal dari situs Intisari Grid, yang mengutip situs sains luar negeri Live Science pada 18 Maret 2021.






    Berikut judul pada artikel tersebut:
     

    "China Tidak Bisa Berbohong Lagi, WHO Akhirnya Bongkar Asal Usul Virus Corona yang Sebenarnya, Benarkah Dunia Sudah Dibohongi Selama Ini?"



    [Cek Fakta] Tiongkok Bohong soal Asal-usul Virus Korona? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim pada artikel tersebut bahwa Tiongkok berbohong soal asal-usul virus korona baru adalah salah. Faktanya, sampai saat ini WHO masih menelusuri sumber virus korona baru penyebab covid-19. 

    Dilansir Turnbackhoax.id, artikel tersebut memang diambil dari Intisari Grid, namun hanya sebagian kecil dan tidak menyeluruh, sehingga kurang memberikan informasi yang jelas. Artikel Intisari Grid pun berasal dari berita Kompas.com yang berjudul "Dari Mana Covid-19 Berasal, WHO Ungkap Hasil Investigasinya". Namun, dalam artikel ini, tidak ada penjelasan bahwa Tiongkok melakukan kebohongan. 

    Pula, merujuk Medcom.id melalui artikel berjudul "Tim WHO Gagal Temukan Sumber Covid-19" dijelaskan bahwa sumber virus korona penyebab covid-19 masih ditelusuri oleh WHO. 

    Tim WHO disebut belum berhasil mengidentifikasi hewan sumber virus korona. Mereka meyakini virus itu ditularkan dari kelelawar ke manusia pada awalnya, namun belum ada bukti transmisi virus dari hewan ke manusia.
     

    "Penularan dari hewan kemungkinan memicu korona, tapi sejauh ini, sumbernya belum bisa diidentifikasi," kata kepala tim ilmuwan Tiongkok, Liang Wannian, dilansir dari AFP, Selasa, 9 Februari 2021.

     
    Tim ini menghabiskan empat pekan di Wuhan, kota pertama kali yang melaporkan wabah penyakit baru pada Desember 2019.

    "Kami mengidentifikasi empat hipotesis utama atau kelompok hipotesis mengenai bagaimana virus dapat masuk ke dalam populasi manusia, (termasuk) limpahan zoonosis langsung, introduksi melalui spesies inang perantara, seperti rantai makanan, produk makanan beku, transmisi permukaan dan akhirnya insiden terkait laboratorium," ucap pakar keamanan pangan dan penyakit hewan dari WHO, Peter Ben Embarek.
     

    [Cek Fakta] Tiongkok Bohong soal Asal-usul Virus Korona? Ini Faktanya



    Kesimpulan:
    Klaim pada artikel tersebut bahwa Tiongkok berbohong soal asal-usul virus korona baru adalah salah. Faktanya, sampai saat ini WHO masih menelusuri asal-usul virus korona baru penyebab covid-19. 

    Informasi jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Tiongkok Bohong soal Asal-usul Virus Korona? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://turnbackhoax.id/2021/04/07/salah-artikel-berjudul-china-tidak-bisa-berbohong-lagi-who-akhirnya-bongkar-asal-usul-virus-corona-yang-sebenarnya-benarkah-dunia-sudah-dibohongi-selama-ini/
    https://www.medcom.id/internasional/asia-pasifik/5b2ezY4N-tim-who-gagal-temukan-sumber-covid-19
    https://archive.md/4riO5


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id