[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Video Roket Jatuh Setelah Melewati Wilayah Indonesia? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 14 Juni 2021 16:42 WIB
    [Cek Fakta] Video Roket Jatuh Setelah Melewati Wilayah Indonesia? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook



    Beredar sebuah video yang memperlihatkan roket yang meledak menghantam daratan. Diklaim, roket itu sempat melewati wilayah Malaysia dan Indonesia. 

    Akun Facebook Arkha Ajhy membagikan video itu pada Minggu, 9 Mei 2021. Terlihat video itu berasal dari unggahan TikTok milik akun @rock_j3. Pada unggahannya, terdapat narasi bertuliskan sebagai berikut:
     

    "Alhamdulillah Terima kasih Ya Allah Roket udah lewatin Indonesia Malaysia Semoga dimna pun jatuh nya.. di beri keselamatan dan selalu Allah Lindungi”

     



    Narasi pada video “Rocketnya udah lewat teritorial langit Indonesia sama Malaysia”


    [Cek Fakta] Video Roket Jatuh Setelah Melewati Wilayah Indonesia? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar terkait adanya roket yang meledak setelah melewati wilayah Malaysia dan Indonesia adalah salah. Faktanya, roket itu jatuh di Boca Chica, lokasi peluncuran SpaceX di Texas, Amerika Serikat.

    Video identik ditemukan pada kanal YouTube Infinite Space melalui video berjudul "SpaceX Starship SN9 Launch, Landing, Explosion & Viewer Reactions!". Video itu diunggah pada 4 Februari 2021. 


    [Cek Fakta] Video Roket Jatuh Setelah Melewati Wilayah Indonesia? Ini Faktanya


    Penelusuran berikunya, dengan memakai kata kunci "Starship SN9 meledak" ditemukan artikel yang diunggah Medcom.id berjudul "Lagi, Roket SpaceX Meledak Saat akan Mendarat" yang menjelaskan peristiwa dalam video itu.

    Pada artikel itu dijelaskan bahwa sebuah prototipe roket SpaceX yang diharapkan perusahaan suatu hari nanti akan melakukan perjalanan ke Mars, meledak saat mencoba mendarat tegak setelah uji terbang pada Selasa, 2 Februari 2021 waktu setempat.

    Itu adalah ledakan kedua setelah prototipe Starship sebelumnya mengalami nasib serupa pada bulan Desember 2020.

    "Kami mengalami penerbangan hebat lagi," kata seorang penyiar SpaceX dalam rekaman langsung yang disiarkan secara online. "Kami baru saja mengerjakan pendaratan itu sedikit lagi," tambahnya.

    Pendiri perusahaan, Elon Musk, secara tidak biasa diam di media sosial, setelah mengumumkan pada malam sebelumnya dia keluar dari Twitter untuk sementara waktu.

    Roket baja tahan karat yang dijuluki SN9 dipersiapkan untuk lepas landas dari Boca Chica, Texas oleh Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA), yang sebelumnya telah menunda pemberian otorisasi setelah menentukan bahwa peluncuran terakhir SpaceX melanggar persyaratan lisensinya.

    Roket itu diluncurkan dengan mulus sekitar pukul 14.25 waktu setempat (2025 GMT) dan secara bertahap mematikan mesinnya saat mencapai ketinggian 10 kilometer (enam mil), kemudian melakukan serangkaian manuver uji coba dalam posisi 'belly flop' horizontal.

    Saat roket berusaha untuk kembali ke posisi vertikal untuk mendarat, masalah dimulai, dengan rekaman yang menunjukkan bahwa roket meluncur terlalu cepat dan pada sudut yang buruk.

    Roket itu kemudian mendarat dengan tabrakan yang memekakkan telinga dan meledak menjadi nyala api oranye terang serta awan debu. Beruntung api tidak menyebar. Roket prototipe perusahaan berikutnya, SN10, landasan peluncuran di dekatnya, tampak tidak mengalami kerusakan.

    Perusahaan berharap sistem roket yang dapat digunakan kembali, yang menjulang setinggi 120 meter (394 kaki), suatu hari akan membawa awak dan kargo untuk terbang ke Bulan, Mars, dan sekitarnya. AFP PHOTO/SpaceX


    [Cek Fakta] Video Roket Jatuh Setelah Melewati Wilayah Indonesia? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim pada video yang beredar terkait adanya roket yang meledak setelah melewati wilayah Malaysia dan Indonesia adalah salah. Faktanya, roket itu jatuh di Boca Chica, lokasi peluncuran SpaceX di Texas, Amerika Serikat.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    [Cek Fakta] Video Roket Jatuh Setelah Melewati Wilayah Indonesia? Ini Faktanya


    Referensi:
    1. https://periksafakta.afp.com/video-ini-menunjukkan-jatuhnya-roket-starship-sn9-prototipe-elon-musk-di-texas?fbclid=IwAR30qwUJmVipg4Ex8PUvpkWCvHoXFTw0pi4PZTyKmAzhneJnBWu48BwNSgw
    2. https://www.youtube.com/watch?v=osIs2J6iGaU
    3. https://m.medcom.id/foto/teknologi/akWLgraK-lagi-roket-spacex-meledak-saat-akan-mendarat
    4. https://perma.cc/MX94-TRP8


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id