[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Beredar Video AHY Dilengserkan, Moeldoko Diresmikan Jadi Ketum Partai Demokrat? Begini Faktanya

    Wanda Indana - 22 September 2021 10:36 WIB
    [Cek Fakta] Beredar Video AHY Dilengserkan, Moeldoko Diresmikan Jadi Ketum Partai Demokrat? Begini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube



    Beredar video yang judulnya menarasikan bahwa Moeldoko resmi menjadi Ketua Umum Partai Demokrat. Video ini beredar di YouTube. 

    Kanal bernama Pakde TV mengunggah video itu pada 11 September 2021. Adapun judul video yang beredar sebagai berikut:
     

    “Berita Terkini ~ Tangis AHY Pecah Di HUT Demokrat, Malam Ini Moeldoko Diresmikan Jadi Ketum Partai !” 


    Pada thumbnails video juga tertulis narasi “SERAH TERIMA!!! AHY DILENGSERKAN PAKSA ! MOELDOKO RESMI MENJABAT KETUM PARTAI.”

     




    Benarkah demikian? Berikut cek faktanya. 


    [Cek Fakta] Beredar Video AHY Dilengserkan, Moeldoko Diresmikan Jadi Ketum Partai Demokrat? Begini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwa Moeldoko diresmikan menjadi Ketum Partai Demokrat adalah salah. Faktanya, antara judul dan isi video tidak berkaitan. 

    Setelah disimak, video berdurasi 10 menit 1 detik itu tidak ada menyebutkan bahwa Moeldoko telah resmi menjabat sebagai Ketum Partai Demokrat. Isi video hasil suntingan dengan menggabungankan sejumlah video dengan pembacaan berita dari sejumlah artikel.

    Dilansir Turnbakchoax.id, ada tiga video berbeda yang diambil lalu digabung. Video pertama berasal dari kanal Youtube Kabar Banten Tv dengan judul “REAKSI ITI OCTAVIA JAYABAYA JAWAB AJAKAN MOELDOKO.” dimuat pada 7 Maret 2021. Isi videonya merupakan pernyataan Iti Octavia Jayabaya mengenai perlawanan DPD Demokrat Banten terhadap kubu Moeldoko.

    Video kedua berasal dari kanal Youtube Cokro Tv berjudul “APA SKENARIO DI BELAKANG KUDETA DEMOKRAT? | Logika Ade Armando” dimuat pada 8 Maret 2021. Isi video memaparkan analisis personal Ade Armando terkait dinamika di dalam tubuh Partai Demokrat.

    Terakhir, video yang dicatut ialah video berjudul “Tanggapi KLB, Ketua DPD Demokrat Riau: Silahkan Anda Buat Partai Sendiri” dari kanal Youtube Kompas Tv. Di dalam video yang tayang pada 8 Maret 2021 berisikan pernyataan Asri Ausar, Ketua DPD Partai Demokrat Riau, yang mengecam KLB di Deli Serdang.

    Tidak ada satupun dari ketiga video tersebut ditemukan pernyataan kepemimpinan Demokrat sudah beralih dari AHY ke Moeldoko.
     

    "Isi video bertentangan dengan judul. Di dalam video tidak ada pernyataan atau pembahasan Moeldoko resmi jadi Ketua Umum Partai Demokrat." tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya. 


    Sementara itu, narasi yang dibacakan narator dalam video yang beredar berasal dari beberapa artikel yang terbit di media. Salah satunya artikel Medcom.id berjudul “Moeldoko Gelar HUT Tandingan di Tangerang, DPD Demokrat Banten Geram, Siap Geruduk!” yang dimuat pada 10 September 2021.

    Artikel kedua berjudul “Demokrat Batu Bara : Gerombolan Moeldoko yang Selenggarakan HUT PD Ilegal di Banten Tidak Punya Malu” yang tayang di Mudanews.com pada 10 September 2021.

    Terakhir ada artikel berjudul “Demokrat Dapat Kabar Kubu Moeldoko Bakal Gelar HUT Tandingan di Banten” dimuat Tribunjakarta.com pada 10 September 2021.

    Pula, dari ketiga artikel tersebut tidak ditemukan pernyataan Moeldoko telah resmi menjadi Ketua Umum Partai Demokrat.



    Kesimpulan:
    Klaim pada video yang beredar bahwa Moeldoko diresmikan menjadi Ketum Partai Demokrat adalah salah. Faktanya, antara judul dan isi video tidak berkaitan. 

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.


    [Cek Fakta] Beredar Video AHY Dilengserkan, Moeldoko Diresmikan Jadi Ketum Partai Demokrat? Begini Faktanya


    Referensi:
    https://turnbackhoax.id/2021/09/16/salah-video-berita-terkini-tangis-ahy-pecah-di-hut-demokrat-malam-ini-moeldoko-diresmikan-jadi-ketum-partai/
    https://archive.md/QdXdE


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id