comscore

[Cek Fakta] 212 Mart Sponsor Formula E? Ini Faktanya

M Rodhi Aulia - 15 Mei 2022 12:33 WIB
[Cek Fakta] 212 Mart Sponsor Formula E? Ini Faktanya
Foto tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Beredar gambar memperlihatkan sejumlah logo perusahaan dengan narasi sponsor Formula E. Gambar ini beredar di media sosial.

Di antaranya 212 Mart. Sebuah merek minimarket.  Adalah akun facebook Efan Ardiansyah yang turut mengunggah gambar dengan narasi tersebut, Sabtu 14 Mei 2022. Berikut narasinya:


"Sponsor formula E,,kini mulai berdatangan.."


[Cek Fakta] 212 Mart Sponsor Formula E? Ini Faktanya


Benarkah demikian?


Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa 212 Mart menjadi salah satu sponsor ajang balap mobil listrik, Formula E di Jakarta, tidak berdasar. Faktanya, tidak ditemukan informasi resmi dan valid mengenai hal itu.

Di sisi lain, sponsor Formula E masih misteri. Pihak penyelenggara belum memberikan informasi secara terbuka kepada publik.


Bahkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut Formula E belum ada sponsor. "Sampai sekarang belum ada sponsor, kalau urusan sponsor bisa ditanyakan ke Jakpro sebagai penyelenggara. Kita serahkan mereka," kata Riza seperti dimuat Viva.co.id, 13 Mei 2022.



[Cek Fakta] 212 Mart Sponsor Formula E? Ini Faktanya


Kesimpulan:
Klaim bahwa 212 Mart menjadi salah satu sponsor ajang balap mobil listrik, Formula E di Jakarta, tidak berdasar. Faktanya, tidak ditemukan informasi resmi dan valid mengenai hal itu.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
 
Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
 
Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.


[Cek Fakta] 212 Mart Sponsor Formula E? Ini Faktanya


Referensi:
https://www.facebook.com/groups/1315253005640113/posts/1361857680979645
https://www.viva.co.id/berita/metro/1474728-wagub-dki-sampai-sekarang-formula-e-belum-ada-sponsor


*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei: https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta


 

(DHI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id