Pintu Perlintasan Kereta Api Ditutup Karena Menunggu Masinis Jajan di Warung? Ini Faktanya

    Sobih AW Adnan - 10 November 2019 06:00 WIB
    Pintu Perlintasan Kereta Api Ditutup Karena Menunggu Masinis Jajan di Warung? Ini Faktanya
    Tangkapan layar tayangan viral kereta api berhenti di Metro TV
    Akun Facebook Warung Nasi Pak Tofa mengunggah video berdurasi 0:24 menit berisi rekaman seorang asisten masinis berjalan dari warung menuju lokomotif yang berhenti tepat di depan pintu perlintasan. Dalam unggahannya, akun tersebut menambahkan narasi sebagai berikut:

    Jajan pake motor ?
    Jajan pake mobil ?
    Jajan pake go food ?
    NOOB

    Jajan Pake Lokomotif ????

    Pintu Perlintasan Kereta Api Ditutup Karena Menunggu Masinis Jajan di Warung? Ini Faktanya


    Hingga tangkapan layar ini dibuat, unggahan tersebut sudah mendapatkan 1.500 reaksi, 492 komentar, 2.800 kali dibagikan ulang.

    Penelusuran:
    Setelah ditelusuri tim Cek Fakta Medcom.id, ternyata penghentian lokomotif tepat di depan pintu perlintasan bukan karena menunggu asisten masinis yang sedang berbelanja di warung.

    Melalui bantahan yang diunggah di akun resmi Facebook Kereta Api Kita dan situs kai.id, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjelaskan bahwa pemberhentian itu lebih dikarenakan sedang menunggu proses naik-turun penumpang di Stasiun Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat.

    Berikut klarifikasi lengkap yang dirilis KAI:

    KAI Klarifikasi Video Petugas Turun dari Lokomotif di Perlintasan Sebidang

    Terkait video yang beredar luas di sosial media, Kami klarifikasi bahwa penutupan perlintasan sebidang tersebut bukan karena sedang menunggu asisten masinis dari Lokomotif CC 206 13 33, melainkan sedang menunggu penumpang naik dan turun kereta di Stasiun Parungkuda, Sukabumi.

    Kejadian berlangsung pada 31 Oktober 2019, KA Pangrango rute Sukabumi-Bogor dengan nomor 393 sedang melakukan pemberhentian di Stasiun Parungkuda untuk proses naik dan turun penumpang.

    Setiap Kereta Api yang berhenti di Stasiun Parungkuda, Lokomotifnya akan menutup Jl. Parakan Salak yang tepat berada di ujung emplasemen stasiun. Hal tersebut dikarenakan stasiun yang kecil dan emplasemen stasiun yang tidak cukup panjang, sehingga posisi Semboyan 10 G yang merupakan tanda berhenti lokomotif berada sejajar dengan perlintasan sebidang.

    KA Pangrango dengan Nomor 393 memiliki jadwal keberangkatan dari stasiun Sukabumi pukul 15.45 dan tiba di Stasiun Bogor pukul 17.48. KA tersebut terdiri dari 1 Kereta Eksekutif, 1 Kereta Pembangkit, dan 3 Kereta Ekonomi.

    "Tidak benar bahwa Penutupan tersebut dikarenakan menunggu masinis yang sedang membeli makanan" ujar VP Public Relations KAI Edy Kuswoyo.

    Edy menegaskan bahwa kejadian penutupan perlintasan tersebut selalu terjadi setiap harinya dan merupakan hal yang normal terjadi di Stasiun Parungkuda. (Public Relations KAI.

    Pintu Perlintasan Kereta Api Ditutup Karena Menunggu Masinis Jajan di Warung? Ini Faktanya

    Pintu Perlintasan Kereta Api Ditutup Karena Menunggu Masinis Jajan di Warung? Ini Faktanya


    Sementara itu, dalam program Metro Siang yang ditayangkan Metro TV pada 9 November 2019 dikabarkan bahwa pemberhentian lokomotif tepat di pintu perlintasan merupakan peristiwa yang rutin terjadi.

    Sesekali, memang, waktu jeda tiga menit itu digunakan para asisten masinis untuk membeli minuman atau camilan untuk menemani perjalanan.

    "Cuma beli minuman, aqua, atau rokok, buat di perjalanan," Kata pemilik warung Ema Salwa saat diwawancarai Metro TV.

    Kepala Stasiun Parungkuda Wartomo mengatakan, alasan KAI memberhentikan lokomotif tepat di perlintasan karena demi memudahkan para penumpang naik dan turun di stasiun tersebut. 

    "Lokasi di sini (Stasiun Parungkuda) sempit, peronnya pendek. Batas lokomotif memang sampai perlintasan, agar rangkaian gerbong tepat berada di peron," kata Wartomo.

    Kesimpulan:
    Pemberhentian lokomotif tepat di pintu perlintasan kereta api dilakukan untuk menunggu asisten masinis yang sedang belanja atau jajan di warung adalah salah. Pemberhentian dilakukan selama proses naik-turun di Stasiun Parungkuda, Sukabumi.

    Disinformasi ini masuk dalam kategori false context atau konteks yang keliru.

    Referensi:
    - https://www.facebook.com/294617773886841/posts/3123013264380597 

    - https://kai.id/information/full_news/2869-kai-klarifikasi-video-petugas-turun-dari-lokomotif-di-perlintasan-sebidang?fbclid=IwAR3bFVfOu8oH-VDSStHOd_9oD0h-sSW51B9ujUMuONaJWYOwhsQsJysC4hk 

    - https://www.medcom.id/play/NxGCOrYL-viral-video-masinis-jajan-ke-warung-pakai-lokomotif-ini-kata-kai 

    Sumber: 
    - https://www.facebook.com/WarungPaktofa/posts/447046322504436?__tn__=C-R 




    (SBH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id