[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Novel Baswedan Resmi Dipecat dari KPK? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 07 Mei 2021 11:29 WIB
    [Cek Fakta] Novel Baswedan Resmi Dipecat dari KPK? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook



    Beredar sebuah video dengan narasi judul penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan resmi dipecat. Narasi betredar di facebook.

    Akun facebook Ion Skrg Auah membagikan video ini pada 5 Mei 2021. Ia membagikan vidoe dari kanal youtube JURNAL POLITIK. Video berjudul "Novel Baswedan Di Pecat Dari KPK? Tidak Lulus Tes Kebangsaan"

     



    [Cek Fakta] Novel Baswedan Resmi Dipecat dari KPK? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Novel Baswedan resmi dipecat KPK adalah salah. Faktanya, belum ada informasi resmi pemecatan Novel oleh KPK.

    Dilansir medcom.id, Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri merespons hal itu. Isu yang beredar berkaitan dengan hasil tes wawasan kebangsaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengenai peralihan status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN).
     
    Hasil itu diterima Lembaga Antikorupsi pada 27 April 2021. "Namun mengenai hasilnya, sejauh ini belum diketahui, karena informasi yang kami terima data yang dimaksud belum diumumkan," kata Ali melalui keterangan tertulis, Senin, 3 Mei 2021.

    Ali belum bisa menjelaskan kebenaran kabar itu. Dia berjanji segera mengklarifikasi hal tersebut dengan data hasil penilaian pegawai.

    [Cek Fakta] Novel Baswedan Resmi Dipecat dari KPK? Ini Faktanya

    Novel sendiri  tak heran dengan isu pemecatan kepala satuan tugas (kasatgas). Novel menyebut isu itu sudah bergulir sejak lama.
     
    "Upaya untuk menyingkirkan orang-orang yang berintegritas dari KPK adalah upaya lama yang terus dilakukan," kata penyidik KPK Novel Baswedan melalui keterangan tertulis, Selasa, 4 Mei 2021.
     
    Novel mengaku sudah mendengar upaya pemecatan itu. Dia menuding rencana tersebut dibuat pimpinan KPK.

    Mantan Kasat Reskrim Polres Bengkulu itu tidak memerinci komisioner KPK yang menginginkan pemecatannya. Namun, dia menyesalkan upaya pemecatan itu.
     
    "Bila informasi tersebut benar, tentu saya terkejut. Karena baru kali ini upaya tersebut justru dilakukan oleh pimpinan KPK sendiri," ujar Novel.

    [Cek Fakta] Novel Baswedan Resmi Dipecat dari KPK? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Novel Baswedan resmi dipecat KPK adalah salah. Faktanya, belum ada informasi resmi pemecatan Novel dari KPK.

    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

    [Cek Fakta] Novel Baswedan Resmi Dipecat dari KPK? Ini Faktanya

    Referensi:
    1.https://m.medcom.id/nasional/hukum/VNnlA9jk-novel-baswedan-dikabarkan-bakal-dipecat-ini-respons-kpk
    2.https://m.medcom.id/nasional/hukum/ybDV5mAK-novel-baswedan-upaya-pemecatan-sudah-lama
    3.https://archive.fo/tmXRB


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
     

     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id