comscore

[Cek Fakta] Seorang Pemuda Buang Uang Tabungannya di Jalan Karena Depresi Ditinggal Nikah Kekasihnya? Begini Faktanya

Wanda Indana - 13 Mei 2022 11:42 WIB
[Cek Fakta] Seorang Pemuda Buang Uang Tabungannya di Jalan Karena Depresi Ditinggal Nikah Kekasihnya? Begini Faktanya
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Beredar foto memperlihatkan sejumlah orang berebut memungut uang yang berserakan di jalanan. Foto-foto itu beredar di media sosial. 

Akun Facebook Husnul khatimah misalnya, ikut membagikan foto-foto tersebut pada Sabtu, 30 April 2022. Pada unggahanya, disebutkan uang yang berserakan di jalan berasal dari tabungan seorang pemuda berinisial M hasil merantau selama 2 tahun di Jepang. Pemuda itu membuang duitnya karena depresi mengetahui sang kekasih yang menjadi PNS ternyata menjalin hubungan dengan pemuda lain
Berikut narasi yang beredar:

"Yg lagi viral..
 Seorang pemuda yg berinisial M diduga membuang uang hasil merantau selama 2 tahun di Jepang.
Uang nominal 50 rbu dan 100 ribu berserakan disepanjang jalan menuju rumah pemuda tsb.dengan nominal total 321 juta rupiah.
Diketahui sang pemuda sangat depresi mengetahui sang kekasih yg menjadi PNS ternyata menjalin hubungan dengan pemuda lain yg berpropesi sebagai penjual online,saat dia merantau ke Jepang.
Momen ini menjadi sangat istimewa,,disaat menjelang lebaran sprti sekarang ini...
Bak mendapat durian runtuh warga sekitar tempat pembuangan uang-uang-an tsb,menjadi sangat bahagia.
Ada yg mendapat 1,5 juta,ada yg mendapat 3 juta,Berpariasi..
Menurut seorang ibu yg mendapat 5,2 juta rupiah,dirinya merasa sangat bersyukur bisa berbelanja kebutuhan lebaran disaat harga2 sembako naik dan ekonomi yg carut marut..Bahkan penjual cilok yg tidak mau disebutkan namanya,mengaku mendapat 12 juta rupiah,dia dengan wajah senang Selfi dngn uang yg didapatnya,rencananya mau buat modal usaha,setelah cilok dia mau membuka kios bakso dan mie ayam.
Sampai berita ini diturunkan,aparat setempat masih memeriksa kondisi kejiwaan sang pemuda yg membuang uangnya tsb."


Benarkah? Berikut cek faktanya.


[Cek Fakta] Seorang Pemuda Buang Uang Tabungannya di Jalan Karena Depresi Ditinggal Nikah Kekasihnya? Begini Faktanya


Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada sejumlah foto yang viral bahwa seorang pemuda depresi membuang uangnya senilai ratusan juta karena depresi ditinggal menikah oleh kekasih adalah salah. Faktanya, puluhan juta uang dijalan raya tersebut adalah hasil rampokan yang dibawa kabur pelaku perampokan nasabah bank. 

Tim Cek Fakta Medcom.id pernah mengulas klaim serupa pada 24 Agustus 2020. Diketahui bahwa terdapat foto identik ditemukan pada artikel Tribunpekanbaru.com berjudul "Wah, Uang 40 Juta Berserakan di Jalan di Pondok Kapur Sawah Lunto, Ada Apa Ya. . ." dimuat pada 10 April 2018. Pada artikel itu dijelaskan, uang senilai Rp 40 juta yang berserakan seperti pada foto yang beredar terjadi di Jalan aspal dekat kawasan Pondok Kapur, Sawah Lunto, Sumatera Barat, Selasa 10 April 2018.
 
Dalam peristiwa itu, dua orang pelaku perampokan masuk parit setelah upaya pelariannya digagalkan warga dan polisi. Sepeda motor yang dikendarai perampok tidak terkendali yang kemudian jatuh dan pelaku masuk ke dalam parit.
 
Kapolsek Barangin, Iptu Dani Salman kepada Tribunpadang.com menjelaskan, kedua pelaku yang berusaha melarikan diri usai merampok uang milik nasabah Bank BRI, berhasil ditangkap aparat kepolisian Polsek Barangin di kawasan Pondok Kapur, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto. Polisi mengamankan uang milik nasabah BRI sebesar Rp40 juta, yang disimpan korban di dalam jok sepeda motornya yang diparkir korban di halaman rumahnya, di Desa Sapan.
 
Dani menambahkan, kedua pelaku bernama Guntur dan Efrizal. Keduanya ditangkap petugas setelah terjatuh dari sepeda motor yang dikendarainya saat keduanya berusaha menghindari blokade yang dilakukan aparat kepolisian dan warga.
 
"Tersangka Guntur ini setelah jatuh dari motor, langsung masuk selokan dan kakinya patah. Namun sudah kami amankan dan dibawa ke RSUD Sawahlunto untuk diobati. Sedangkan tersangka Efrizal, babak belur dihajar massa yang berada di lokasi blokade," ujar Dani. 


Kesimpulan:
Klaim pada sejumlah foto yang viral bahwa seorang pemuda depresi membuang uangnya senilai ratusan juta karena depresi ditinggal menikah oleh kekasih adalah salah. Faktanya, puluhan juta uang dijalan raya tersebut adalah hasil rampokan yang dibawa kabur pelaku perampokan nasabah bank.

Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


[Cek Fakta] Seorang Pemuda Buang Uang Tabungannya di Jalan Karena Depresi Ditinggal Nikah Kekasihnya? Begini Faktanya


Referensi:
https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/gNQGDdWk-cek-fakta-beredar-foto-seorang-pria-membuang-uang-rp300-juta-ke-jalan-ce


*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




(WAN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id