[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] SBY Resmi Dukung Anies di Pilpres 2024? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 13 Februari 2021 16:00 WIB
    [Cek Fakta] SBY Resmi Dukung Anies di Pilpres 2024? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Twitter



    Beredar sebuah foto pertemuan antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Presiden Indonesia ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono. Pertemuan itu dinarasikan SBY memberikan restu ke Anies sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

    Akun twitter @bewoking mengunggah foto ini pada 10 Februari 2021. Berikut kutipan yang diunggah.
     

    "Insaallah restu pak beyye buat mas @aniesbaswedan Menuju RI 1
    Cebong g boleh RT ya????"

    [Cek Fakta] SBY Resmi Dukung Anies di Pilpres 2024? Ini Faktanya




    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim SBY memberikan restu ke Anies sebagai calon presiden di Pilpres 2024 adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah saat Anies menjenguk mendiang Ani Yudhoyono yang tengah dirawat di Singapura beberapa tahun lalu.

    Foto pertemuan keduanya diunggah di akun instagram @aniesbaswedan. Anies ditemani istrinya Fery Farhati menjenguk Ani Yudhoyono yang tengah dirawat di National University Hospital Singapura.

    Dilansir suara.com, Saat tiba di rumah sakit tempat Ani dirawat, dalam video terlihat SBY menyambut Anies dan memeluknya serta menyalami Fery. Selanjutnya, mereka bertiga terlihat berbincang-bincang dalam ruangan tertutup.

    "Menyimak penuturan Pak SBY tentang proses penyembuhan yang sedang dijalani oleh Ibu Ani. Proses penyembuhan yang sedang dijalani bukanlah ringan. Sebuah cobaan yang datang tak diduga," kata Anies melalui akun instagramnya.

    Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mendoakan agar Ani Yudhoyono segera pulih dan bisa kembali beraktivitas di tanah air.

    "Doa kami semua, semoga dimudahkan-Nya proses penyembuhan Ibu Ani dan biidznilah Beliau bisa pulih kembali seperti semula, bisa beraktifitas bersama keluarga dan masyarakat," doa Anies.

    Anies juga mendoakan SBY dan keluarga diberikan kesehatan untuk mendampingi proses penyembuhan Ani Yudhoyono.

    [Cek Fakta] SBY Resmi Dukung Anies di Pilpres 2024? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim SBY memberikan restu ke Anies sebagai calon presiden di Pilpres 2024 adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah saat Anies menjenguk mendiang Ani Yudhoyono yang tengah dirawat di Singapura beberapa tahun lalu.

    Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
    [Cek Fakta] SBY Resmi Dukung Anies di Pilpres 2024? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://www.suara.com/news/2019/03/01/185818/jenguk-ani-yudhoyono-di-singapura-anies-cobaan-tak-terduga
    2.https://archive.md/g56DV#selection-2989.0-2988.4


    Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
     


    "Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari tim kami untuk kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb





    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id