[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Foto Hasil Tes Swab Rizieq Shihab Positif Covid-19? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 02 Desember 2020 15:42 WIB
    [Cek Fakta] Foto Hasil Tes Swab Rizieq Shihab Positif Covid-19? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto: whatsapp
    Beredar sebuah surat hasil tes swab pimpinan ormas Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Dalam surat tersebut diketahui, Rizieq Shihab dinyatakan positif covid-19.

    Dalam surat tersebut dikeluarkan tertanggal 28 November 2020. Surat atas nama pasien Muhammad R Shihab. Foto tersebut beredar di aplikasi whatsapp. 

    [Cek Fakta] Foto Hasil Tes Swab Rizieq Shihab Positif Covid-19? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim foto hasil tes swab Rizieq Shihab adalah salah. Faktanya, foto hasil swab Rizieq Shihab tersebut telah dibantah Tim MER-C dan FPI.

    Dilansir Republika.co.id, Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) yang melaksanakan swab test terhadap HRS di Rumah Sakit (RS) Ummi, Kota Bogor pada Jumat, 27 November 2020, menepis foto yang beredar tersebut. MER-C menegaskan, tidak pernah mengeluarkan surat yang beredar itu. Ketua Presidium MER-C, Sarbini Abdul Murad membenarkan jika surat hasil tes usap itu tidak bisa dipertanggung jawabkan.

    “Yang pasti MER-C nggak pernah mengeluarkan surat itu. Karena setelah kita ambil, kita serahkan kepada yang bersangkutan (keluarga Habib Rizieq),” ujar Sarbini dilansir Republika.co.id.

    Setelah melaksanakan swab test terhadap HRS di Rumah Sakit Ummi Kota Bogor, Sarbini mengatakan, dokter MER-C telah mengambil hasilnya pada Sabtu. Kemudian, surat itu diserahkan kepada keluarga HRS di Petamburan, Jakarta Pusat.

    Mengenai hasilnya, dia menegaskan, hal itu menjadi rahasia pasien sesuai ketentuan yang ada. Pihak MER-C tidak berhak untuk mengungkapnya. Sehingga Sarbini tidak dapat memastikan surat yang beredar itu milik siapa.

    “Itu kan domain rahasia pasien. Yang pasti MER-C tetap menjaga kerahasiaan pribadi pasien,” tuturnya.

    [Cek Fakta] Foto Hasil Tes Swab Rizieq Shihab Positif Covid-19? Ini Faktanya

    Dilansir Detik.com, Sekretaris Umum (Sekum) FPI Munarman menyampaikan bahwa dokumen tersebut tidak benar. Dia mengatakan, seharusnya pemalsuan itu dijerat dengan UU ITE.

    "Palsu itu. Harusnya aparat mengusut pemalsuan-pemalsuan seperti di atas, berdasar UU ITE. Itu yang harusnya dilakukan," ucap Munarman.

    Bagi Munarman, hukum tidak adil jika yang menjadi korban adalah Habib Rizieq. Menurutnya, kasus akan didiamkan jika yang menjadi korban adalah Habib Rizieq.

    [Cek Fakta] Foto Hasil Tes Swab Rizieq Shihab Positif Covid-19? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    klaim foto hasil tes swab Rizieq Shihab adalah salah. Faktanya, foto hasil swab Rizieq Shihab tersebut telah dibantah Tim MER-C dan FPI.

    Informasi ini jenis hoaks fabricated content. Konten ini terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
    [Cek Fakta] Foto Hasil Tes Swab Rizieq Shihab Positif Covid-19? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://republika.co.id/berita/qkoxnq484/beredar-surat-hrs-positif-covid19-merc-beri-tanggapan
    2.https://news.detik.com/berita/d-5277826/beredar-dokumen-hasil-swab-habib-rizieq-positif-corona-fpi-palsu-itu


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id