[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Foto] Foto Bule Pakai Kaos Umpatan ke Anies Baswedan? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 08 Januari 2021 12:13 WIB
    [Cek Foto] Foto Bule Pakai Kaos Umpatan ke Anies Baswedan? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
    Beredar foto seorang wanita bule memakai kaos bertuliskan kata umpatan ke Gubernur Anies Baswedan. Foto itu beredar di media sosial facebook.

    Akun facebook atas nama Jhonatan Nandyto membagikan foto ini pada 7 Januari 2020. Dalam unggahannya ia memberikan narasi sebagai berikut. "Nemu dr grup sebelah????????????????"

    [Cek Foto] Foto Bule Pakai Kaos Umpatan ke Anies Baswedan? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim wanita bule memakai kaos bertuliskan kata umpatan ke Gubernur Anies Baswedan adalah salah. Faktanya foto tersebut hasil suntingan.

    Dari penelusuran kami melalui google search image, foto identik banyak ditemukan dalam unggahan di sejumlah akun twitter. Namun, kaos yang ditemukan bertuliskan umpatan kepada Presiden Amerika Donald Trump bukan Anies Baswedan.

    Salah satunya ditemukan dalam unggahan koresponden CNN di Gedung Putih Kaitlan Collins. Lewat akun twitter pribadinya @kaitlancollins, ia mengunggah cuitan pada 20 Juli 2020 yang berisi pernyataan dari Biro Pers Gedung Putih Kayleigh McEnany. Berikut cuitannya yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

    "Meskipun beberapa jajak pendapat menunjukkan sebaliknya, Kayleigh McEnany mengatakan, Kami yakin presiden mendapat pengakuan besar di negara ini. Tanggapan Covid yang bersejarah membuktikan dirinya"

    Unggahan ini mendapatkan respon negatif dari sejumlah warganet di sana. Salah satunya dari kun twitter @58bugeye. Ia membalas dengan meme foto wanita memakai kaos bertuliskan umpatan kepada Donald Trump.

    [Cek Foto] Foto Bule Pakai Kaos Umpatan ke Anies Baswedan? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim wanita bule memakai kaos bertuliskan kata umpatan ke Gubernur Anies Baswedan adalah salah. Faktanya foto tersebut hasil suntingan.

    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Foto] Foto Bule Pakai Kaos Umpatan ke Anies Baswedan? Ini Faktanya

    Referensi:
    1.https://twitter.com/kaitlancollins/status/1283835139647307783
    2.https://archive.fo/L1gjx


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id