[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Beredar Video Pantai Alor NTT Tersapu Tsunami? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 09 April 2021 10:00 WIB
    [Cek Fakta] Beredar Video Pantai Alor NTT Tersapu Tsunami? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook



    Beredar sebuah video memperlihatkan diklaim memperlihatkan Pantai Alor di Nusa Tenggara Timur (NTT) tersapu gelombang Tsunami. Video itu beredar di media sosial. 

    Adalah akun Facebook Andi Ghianx Facebugis Bone membagikan video itu pada Senin, 5 April 2021. Akun itu mengunggah sejumlah video banjir di beberapa wilayah di NTT. 
     

    "Pantai Alor terpapar sunami banjir
    Waspadalah d laut NTT"


    [Cek Fakta] Beredar Video Pantai Alor NTT Tersapu Tsunami? Ini Faktanya







    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Pantai Alor tersapu gelombang Tsunami adalah salah. Faktanya, fenomena yang terjadi di sejumlah wilayah NTT adalah gelombang tinggi.

    Dilansir Tirto melalui artikel berjudul "Kabar Kupang NTT Terkini, Isu Tsunami & Penjelasan BMKG Kupang" dijelaskan bahwa Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa akan ada potensi gelombang tinggi yang mirip dengan tsunami. Gelombang itu dampak dari badai siklon tropis Seroja. 

    "Yang dikhawatirkan, ini mirip tsunami. Jadi gelombang tingginya itu masuk ke darat. Meskipun tidak sama dan sekuat gelombang tsunami, tetapi sama-sama masuk ke darat dan dapat merusak," kata Dwikorita dalam konferensi pers daring usai rapat dengan Presiden Jokowi, Selasa, 6 April 2021. 

    Karena itu, yang kemungkinan besar memicu kepanikan dan mengakibatkan tersebarnya berita hoaks soal potensi tsunami di NTT. Padahal seperti diketahui, gelombang tsumani baru bisa terjadi bila ada gempa besar atau gempa dengan magnitudo dan kedalaman tertentu. Guna meredam kepanikan dan meluruskan informasi soal potensi tsunami ini, BMKG Kupang mengeluarkan keterangan tertulis, yang menegaskan bahwa informasi soal tsunami itu tidak benar. 
     

    "Berita tersebut tidak benar dan BMKG tidak pernah membuat berita tersebut," isi keterangan tertulis yang ditandatangani oleh Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Syaeful Hadi. 


    Pula, hal serupa juga diungkapkan Koordinator bidang Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami BMKG Daryono. Daryono menegaskan tidak benar ada potensi tsunami. Dia mengimbau masyarakat yang khususnya berada di pesisir Kupang - Rote tidak perlu khawatir ancaman tsunami.
     

    "Saat ini tidak ada gempa potensi tsunami, masyarakat diimbau tenang dan tidak melakukan evakuasi ke dataran tinggi. Mengungsi ke dataran tinggi itu dilakukan jika ada gempa berpotensi tsunami," kata Daryono. 



    [Cek Fakta] Beredar Video Pantai Alor NTT Tersapu Tsunami? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Pantai Alor tersapu gelombang Tsunami adalah salah. Faktanya, fenomena yang terjadi di sejumlah wilayah NTT adalah gelombang tinggi. 

    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi. 

    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya. 


    [Cek Fakta] Beredar Video Pantai Alor NTT Tersapu Tsunami? Ini Faktanya



    Referensi:
    https://tirto.id/kabar-kupang-ntt-terkini-isu-tsunami-penjelasan-bmkg-kupang-gbTy
    https://archive.md/W4xdV


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id