[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Minum Kopi 3 Kali Sehari Dapat Menyembuhkan Covid-19? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 22 September 2020 16:24 WIB
    [Cek Fakta] Minum Kopi 3 Kali Sehari Dapat Menyembuhkan Covid-19? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
    Beredar sebuah narasi yang menyebutkan kandungan senyawa dari kopi bisa menyembuhkan covid-19. Temuan ini mencatut nama Dr Li Wenliang dokter asal Tiongkok yang meninggal karena covid-19 sebelumnya.

    Narasi ini beredar melalui pesan berantai di aplikasi Whatsapp. Berikut narasi minum kopi tiga kali sehari bisa menyembuhkan covid-19.

    "believed or not.... I don't care
    *Minum Kopi 3x Sehari supaya si Covid-19 takut
    Dr. Li Wenliang, dokter pahlawan China yang dihukum karena mengatakan yang sebenarnya tentang Virus Corona dan kemudian meninggal karena penyakit yang sama, telah mendokumentasikan file kasus untuk tujuan penelitian dan dalam file kasus tersebut mengusulkan penyembuhan yang secara signifikan akan mengurangi dampak COVID- 19 Virus pada tubuh manusia.
    Bahan kimia Methylxanthine, Theobromine dan Theophylline merangsang senyawa yang dapat menangkal virus ini pada manusia dengan sistem kekebalan minimal rata-rata.
    Yang lebih mengejutkan adalah bahwa kata-kata rumit yang sangat sulit dipahami oleh orang-orang di China ini sebenarnya disebut KOPI di India, YA, KOPI reguler kami memiliki semua bahan kimia ini di dalamnya.
    Methylxanthine utama dalam COFFEE adalah kafein stimulan. Methylxanthines lain yang ditemukan dalam KOPI adalah dua senyawa kimiawi yang serupa, Theobromine dan Theophylline. Tanaman KOPI menciptakan bahan kimia ini sebagai cara untuk menangkal serangga dan hewan lainnya. Siapa yang tahu bahwa semua solusi untuk virus ini adalah secangkir KOPI sederhana dan itulah alasan mengapa begitu banyak pasien di China disembuhkan. Staf rumah sakit di China sudah mulai menyajikan KOPI kepada pasien 3 kali sehari, Dan efeknya akhirnya di Wuhan "Pusat Pandemi ini" telah diatasi dan penularan ke komunitas hampir berhenti.
    Silakan bagikan pesan ini kepada teman dan keluarga Anda untuk menyadarkan mereka tentang berkah berupa KOPI di dapur Anda."


    [Cek Fakta] Minum Kopi 3 Kali Sehari Dapat Menyembuhkan Covid-19? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim minum kopi sehari bisa menyembuhkan covid-19 adalah salah. Faktanya, berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum ditemukan vaksin atau obat untuk covid-19 dan belum ada penelitian senyawa kopi bisa menyembuhkan covid-19.

    Nama Dr Li Wenliang sebelumnya dicatut untuk narasi hoaks yang menyebutkan teh bisa menyembuhkan covid-19. Narasi hampir serupa yang diubah dari teh menjadi kopi. 

    Dilansir dari Indiatoday.in, tidak ada klaim dari Dr Li Wenliang mengenai obat yang disarankan untuk menyembuhkan covid-19. Tidak ada laporan bahwa dokter di Tiongkok menyajikan teh atau kopi untuk menyembuhkan covid-19.

    Peneliti dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Provinsi Zhejiang memang pernah bereksperimen bahwa komponen kimia minum teh dapat membantu mencegah infeksi virus corona baru. Tapi kemudian artikel itu dihapus oleh CDC Zhejiang pada 26 Februari, China Daily melaporkan. Sampai sekarang, para ilmuwan masih berusaha membuat vaksin untuk Covid-19.


    [Cek Fakta] Minum Kopi 3 Kali Sehari Dapat Menyembuhkan Covid-19? Ini Faktanya

    Dilansir dari Tirto.id, Methylxanthine, Theobromine, dan Theophylline, studi dari National Center for Biotechnology Information berjudul "Health Benefits of Methylxanthines in Cacao and Chocolate" (2018) menyebutkan Methylxanthine sering ditemukan dalam minuman seperti kopi, teh, minuman energi, atau coklat, sama seperti Theophylline dan Theobromine. Kandungan ini bermanfaat di berbagai bidang seperti neurodegeneratif dan mengobati penyakit pernapasan, diabetes, atau kanker. Studi ini tidak menyebutkan adanya manfaat Methylxanthine, Theobromine, dan Theophylline untuk menangkal keluarga virus SARS.


    [Cek Fakta] Minum Kopi 3 Kali Sehari Dapat Menyembuhkan Covid-19? Ini Faktanya

    Dilansir BBC.com, Dr Li Wenliang adalah seorang dokter mata yang mula-mula memperingatkan akan adanya wabah virus covid-19 di Tiongkok tahun lalu. Pria berusia 34 tahun itu telah memperhatikan tujuh kasus virus yang menurutnya mirip SARS>

    Pada 30 Desember dia mengirim pesan ke sesama dokter di grup obrolan yang memperingatkan mereka untuk mengenakan pakaian pelindung untuk menghindari infeksi.

    Empat hari kemudian dia dipanggil ke Biro Keamanan Umum dan disuruh menandatangani surat. Dalam surat tersebut dia dituduh membuat komentar palsu yang telah  mengganggu ketertiban sosial.


    [Cek Fakta] Minum Kopi 3 Kali Sehari Dapat Menyembuhkan Covid-19? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim minum kopi sehari bisa menyembuhkan covid-19 adalah salah. Faktanya, berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum ditemukan vaksin atau obat untuk covid-19.

    Informasi ini jenis hoaks Fabricated Content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi
    lowongan kerja palsu dan lain-lain.
    [Cek Fakta] Minum Kopi 3 Kali Sehari Dapat Menyembuhkan Covid-19? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://www.indiatoday.in/fact-check/story/viral-post-china-whistleblower-doctor-tea-cures-coronavirus-1659303-2020-03-24
    2.https://www.bbc.com/news/world-asia-china-51403795
    3.https://tirto.id/benarkah-kopi-mampu-tangkal-covid-19-f2M9


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WHS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id