[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] TV Tiongkok Ikut Tampilkan Gambar Nabi Muhammad? Cek Faktanya

    Wanda Indana - 13 November 2020 11:25 WIB
    [Cek Fakta] TV Tiongkok Ikut Tampilkan Gambar Nabi Muhammad? Cek Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter
    Akun Twitter @NoName mengunggah sebuah video berdurasi 28 detik yang diklaim memperlihatkan gambar Nabi Muhammad SAW, pada 3 November 2020. Akun itu menambahkan narasi yang mengaitkan video tersebut dengan isu pernyataan kontroversial Presiden Prancis Emmanuel Macron terkait kartun Nabi Muhammad SAW.

    Berikut narasinya:

    "China Komunis BIADAB sudah mulai cari masalah DI tengah kegeraman banyak umat muslim dunia thd Presiden Perancis Emmanuel Macron terkait dg gambar atau karikatur Nabi Muhammad, muncul kabar bahwa saluran televisi pusat china, CCTV menayangkan gambar Nabi dalam sebuah serial TV”


    Benarkah video tersebut berkaitan dengan isu keteganagan umat Islam terhadap pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron yang dinilai menghina Islam? Simak cek faktanya.


    [Cek Fakta] TV Tiongkok Ikut Tampilkan Gambar Nabi Muhammad? Cek Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa video yang beredar tersebut berkaitan dengan isu keteganagan umat Islam terhadap pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron yang dinilai menghina Islam adalah salah. Faktanya, itu adalah video lama.

    Dilansir Turnbackhoax.id, video tersebut merupakan cuplikan serial film berjudul "The Glorious Times Of The Dynasty Tang" diunggah kanal Youtube nawruz88 pada 20 Desember 2008. Video tersebut tidak berkaitan dengan isu keteganagan umat Islam terhadap pernyataan kontroversial Presiden Perancis Emmanuel Macron.

    "Informasi yang salah. Faktanya, video tersebut merupakan cuplikan salah satu serial film berjudul The Glorious Times of The Dynasty Tang, yang sudah tayang sejak tahun 2008 silam," tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya. 



    [Cek Fakta] TV Tiongkok Ikut Tampilkan Gambar Nabi Muhammad? Cek Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa video yang beredar tersebut berkaitan dengan isu keteganagan umat Islam terhadap pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron yang dinilai menghina Islam adalah salah. Faktanya, itu adalah video lama. 

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] TV Tiongkok Ikut Tampilkan Gambar Nabi Muhammad? Cek Faktanya


    Referensi:
    https://www.youtube.com/watch?v=-dyUEZmVFQE&feature=youtu.be
    https://turnbackhoax.id/2020/11/12/salah-saluran-televisi-china-tayangkan-gambar-nabi-di-tengah-perseturuan-umat-muslim-dengan-presiden-prancis/
    https://archive.md/w9FpS


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id