[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Tersebar Foto Kecelakan Helikopter di Tomohon? Begini Faktanya

    Wanda Indana - 19 November 2020 19:31 WIB
    [Cek Fakta] Tersebar Foto Kecelakan Helikopter di Tomohon? Begini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
    Beredar sejumlah foto yang memperlihatkan bangkai helikopter yang jatuh di sebuah perbukitan. Diklaim, helikopter tersebut mengalami kecelakaan di perkebunan di Tomohon, Sulawesi Utara.

    Akun Facebook Aldrian Rambitan membagikan foto-foto itu pada 6 November 2020. Pemilik akun menyisipkan keterangan pada unggahan fotonya, bertuliskan sebagai berikut:


    "Kecelakan hely di perkebunan d tomohon."


    Benarkah foto-foto itu memperlihatkan kecelakaan di perkebunan di Tomohon, Sulawesi Utara? Simak penelusurannya:


    [Cek Fakta] Tersebar Foto Kecelakan Helikopter di Tomohon? Begini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa foto-foto itu memperlihatkan kecelakaan di perkebunan di Tomohon, Sulawesi Utara, adalah hoaks. Faktanya, foto-foto tersebut merupakan kecelakaan helikopter di Gois, Portugal pada 31 Mei 2020. 

    Melalui reverse image, foto identik diunggah akun Twitter @aviaciondigital pada 1 Juni 2020. Pada unggahannya, foto tersebut memperlihatkan kecelakaan di Portugal. 
     

    "Pilot terluka ringan dalam kecelakaan helikopter operator #Helibravo di kotamadya Portugis # Góis kemarin sore pukul 5:20 LT. " tulis akun itu. 


    Penelusuran selanjutnya dengan menggunakan kata kunci "helicopter crash in Gois" mengarahkan Kami pada situs lokal Expresso.pt yang memuat video kecelakaan helikopter yang identik dengan foto-foto yang beredar.

    Video itu dimuat pada artikel berjudul "Helikopter jatuh di Gois. Kecelakaan membuat luka ringan" dimuat pada 31 Mei 2020. Berikut isi artikel tersebut setelah dialihbahasakan:

    "Sebuah helikopter jatuh pada pukul 17:20 saat lepas landas di Góis, dengan dua anggota awak di dalamnya. Sumber resmi dari National Emergency and Civil Protection Authority mengkonfirmasi kecelakaan itu kepada Expresso dan mengungkapkan bahwa itu adalah helikopter dari perusahaan Helibravo yang "ketika lepas landas, jatuh ke samping".

    Kepada Expresso, Carlos Tavares, dari Komando Operasi Bantuan Distrik (CODIS) Coimbra, mengungkapkan bahwa awak pesawat hanya satu dari mereka yang mengalami luka ringan di kulit kepalanya. Ini akan menerima perawatan rumah sakit. Anggota kru lainnya tidak terluka dan menolak dibawa ke rumah sakit.

    Kedua anggota kru sedang melakukan pelatihan uji coba untuk musim kebakaran pedesaan yang akan datang. Pelatihan tersebut telah dilakukan sejak 6 Mei di Lousã Air Media Center. Helikopter itu dalam kondisi sangat buruk. Tidak bisa beroperasi, tegasnya."



    [Cek Fakta] Tersebar Foto Kecelakan Helikopter di Tomohon? Begini Faktanya


    Foto identik juga dimuat Stankaba.com melalui artikel berjudul "Helicopter crashes when taking off in Góis. Pilot was injured – Portugal" dimuat pada 31 Mei 2020.


    [Cek Fakta] Tersebar Foto Kecelakan Helikopter di Tomohon? Begini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa foto-foto itu memperlihatkan kecelakaan di perkebunan di Tomohon, Sulawesi Utara, adalah hoaks. Faktanya, foto-foto tersebut merupakan kecelakaan helikopter di Gois, Portugal pada 31 Mei 2020. 

    Informasi ini jenis hoaks False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    [Cek Fakta] Tersebar Foto Kecelakan Helikopter di Tomohon? Begini Faktanya


    Referensi:
    https://expresso.pt/sociedade/2020-05-31-Helicoptero-cai-em-Gois.-Acidente-faz-um-ferido-leve
    https://stankaba.com/helicopter-crashes-when-taking-off-in-gois-pilot-was-injured-portugal/
    https://archive.md/xaktD


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id