Fakta atau Hoaks

    [Cek Fakta] Adik Kandung Bos Dahnil Anzar Simanjuntak Korupsi? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 27 November 2020 08:25 WIB
    [Cek Fakta] Adik Kandung Bos Dahnil Anzar Simanjuntak Korupsi? Ini Faktanya
    Tangkapan layar informasi di media sosial
    Beredar sebuah narasi bahwa adik kandung bos Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, korupsi. Narasi ini beredar di media sosial.

    Adalah akun facebook Congor Turah yang turut mengunggah narasi tersebut, Kamis 26 November 2020. Berikut narasi selengkapnya:

    "Temen lu sendiri tuh yang korupsi.
    Termasuk adik kandungnya bos lu!
    #2012karmaberbuah."


    Akun ini juga mengunggah tangkapan layar sebuah cuitan di twitter. Pada cuitan itu tampak foto Dahnil dan seruan agar para koruptor tidak bisa buang angin ketika tidak bertobat.

    "Mari kita doakan siang ini, koruptor gak bs "k*ntut" sebulan, sampai dia bertobat dan mengembalikan semua yg telah dicuri," bunyi cuitan tersebut.


    [Cek Fakta] Adik Kandung Bos Dahnil Anzar Simanjuntak Korupsi? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa adik kandung bos Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, korupsi, tidak berdasar. Faktanya, Prabowo Subianto, bos Dahnil, tidak memiliki adik kandung yang dinyatakan melakukan korupsi.

    Di sisi lain, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. Edhy diduga menerima hadiah atau janji sebagai pejabat pemerintahan.

    Bos Dahnil, Prabowo, memiliki hubungan erat dengan Edhy. Namun hubungan mereka bukan sebagai saudara kandung. Edhy merupakan orang kepercayaan Prabowo.

    Pada 1991, Edhy merupakan salah satu taruna di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah. Edhy dikeluarkan dari Akmil karena pelanggaran.

    Edhy merantau ke Jakarta. Ia menumpang di rumah salah satu temannya di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat. Kebetulan orang tua temannya itu, merupakan sahabat Prabowo.

    "Saya tidak menyangka bisa berkenalan dengan salah satu anggota Keluarga Cendana," kata Edhy seperti dilansir Okezone.com, Senin 16 November 2009.


    Prabowo menyambut baik kenalan barunya itu. Prabowo membantu Edhy untuk melanjutkan kuliah di Fakultas Ekonomi, Universitas Moestopo Beragama pada 1997.

    Seiring berjalannya waktu, Edhy menjadi orang kepercayaan Prabowo. Edhy diikutsertakan dalam sejumlah kegiatan penting Prabowo.

    Di antaranya saat Prabowo berdomisili di Jerman dan Yordania. Edhy juga diberi kesempatan untuk maju sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan Sumatera Selatan II melalui Gerindra dan akhirnya menjadi menteri bersama Prabowo, di kabinet Presiden Jokowi.

    "Nama Prabowo ternyata membawa berkah. Banyak orang mengira saya ini anak Pak Prabowo. Padahal saya hanya anak angkat," ungkap Edhy.



    [Cek Fakta] Adik Kandung Bos Dahnil Anzar Simanjuntak Korupsi? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa adik kandung bos Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, korupsi, tidak berdasar. Faktanya, Prabowo Subianto, bos Dahnil, tidak memiliki adik kandung yang dinyatakan melakukan korupsi.

    Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    [Cek Fakta] Adik Kandung Bos Dahnil Anzar Simanjuntak Korupsi? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://news.okezone.com/berita/158-275912/edhy-prabowo-atlet-silat-yang-jadi-wakil-rakyat
    https://archive.md/uTNti
    https://archive.md/Yo2Q4


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id