[Cek Fakta] Benarkah Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Dukung Formula E? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 19 Oktober 2021 09:31 WIB
    [Cek Fakta] Benarkah Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Dukung Formula E? Ini Faktanya
    Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi/Medcom.id/M Sholahadhin Azhar



    Beredar sebuah narasi bahwa Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mendukung pelaksanaan Formula E. Narasi ini beredar di media sosial.


    Benarkah demikian?

     




    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mendukung pelaksanaan Formula E, adalah salah. Faktanya, Prasetyo telah memberikan klarifikasi.

    Menurut Prasetyo, dirinya tetap mendukung hak interpelasi DPRD terkait penyelenggaraan Formula E. Hak interpelasi ini, lanjut Prasetyo, merupakan wujud pihaknya dalam menjalankan fungsi pengawasan.


    "Sebab anggaran yang dikeluarkan untuk penyelenggaraan Formula E ini telah menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam laporan hasil pemeriksaanya terhadap APBD DKI di tahun 2019-2020. Sudah semestinya Gubernur Anies menjelaskan di dalam forum resmi rapat paripurna DPRD DKI Jakarta agar semuanya terang benderang," tulis Prasetyo dalam akun media sosialnya, 16 Oktober 2021.


    Isu ini mencuat lantaran sebuah foto yang ditafsirkan dukungan Prasetyo kepada Formula E. Prasetyo menjelaskan foto itu tidak ada kaitannya dengan Formula E.


    "Foto tersebut diambil saat saya selaku Dewan Pembina IMI sedang mendampingi Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo pada inspeksi pra-homologasi Sirkuit Mandalika bersama perwakilan Dorna Sport. Foto itu sendiri diambil pada Rabu, (7 April 2021)," tegas Prasetyo.
     


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mendukung pelaksanaan Formula E, adalah salah. Faktanya, Prasetyo telah memberikan klarifikasi.


    Referensi:
    https://www.facebook.com/Prasetyo.emarsudi/posts/421608689325325


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id