[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Presiden Joko Widodo Punya 20 Rekening di Luar Negeri? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 12 Juni 2021 14:38 WIB
    [Cek Fakta] Presiden Joko Widodo Punya 20 Rekening di Luar Negeri? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Whatsapp



    Beredar sebuah video seorang yang menyebutkan Presiden Joko Widodo memiliki rekening di luar negeri. Video beredar lewat pesan berantai.

    Dalam video berdurasi 1 menit 41 detik itu, Faizal Assegaf sosok dalam video tersebut menyebutkan 32 rekening Jokowi itu berisi uang senilai 8 juta dolar Amerika Serikat. 

     



    Ia mempertanyakan KPK tidak memverifikasi keberadaan rekening-rekening itu saat pencalonan Jokowi sebagai calon presiden di 2014 lalu.

    Faizal lantas mempertanyakan Jokowi yang tidak melaporkan puluhan rekening di luar negerinya itu kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia pun menyimpulkan adanya kecurangan dan ketidaknetralan KPU dalam kasus ini.

    [Cek Fakta] Presiden Joko Widodo Punya 20 Rekening di Luar Negeri? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Presiden Joko Widodo memiliki 20 rekening di luar negeri adalah salah. Faktanya, video tersebut hoaks lama yang kembali beredar. 

    Dilansir okezone.com, pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat itu, Adnan Pandu Praja melakukan penelusuran terkait laporan Progres 98 yang menyebut adanya rekening Jokowi di luar negeri yang tidak dilaporkan tersebut. Wakil Ketua KPK saat itu, Adnan Pandu Praja pun menyatakan tidak ada satu pun rekening di luar negeri atas nama Joko Widodo.

    "Terkait rekening di luar, tidak ada satu pun rekening di luar negeri atas nama Jokowi,"‎ kata Adnan di KPK, Jakarta, Selasa, 14 Oktober 2021.

    KPK pun mengklaim sudah berkoordinasi dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Tapi setelah dilakukan penelusuran mendalam ternyata soal rekening Jokowi yang ada di luar negeri nihil. KPK pun menyatakan Jokowi bersih.

    "Kami sudah mengklarifikasi ke PPATK, dan PPATK tidak bisa mem-follow up ke luar negeri karena tidak ada kasusnya. Jadi untuk rekening klir juga," tegas Adnan.

    [Cek Fakta] Presiden Joko Widodo Punya 20 Rekening di Luar Negeri? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Presiden Joko Widodo memiliki 20 rekening di luar negeri adalah salah. Faktanya, video tersebut hoaks lama yang kembali beredar. 

    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

    [Cek Fakta] Presiden Joko Widodo Punya 20 Rekening di Luar Negeri? Ini Faktanya

    Referensi:
    1.https://nasional.okezone.com/berita/337-2020588/jokowi-disebut-punya-32-rekening-di-luar-negeri-senilai-usd-8-juta-benarkah-demikian


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
     




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id